Baru mengenai Perbedaan bajigur dan bandrek

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan perbedan bajigur dan bandrek

Penjelasan Bandrek

Bandrek merupakan minuman tradisional masyarakat Sunda. Bahan utama atau dasar yang digunakan untuk membuat bandrek ini adalah jahe dan gula merah. Jahe juga biasanya ditambahkan dengan serai, merica, rempah-rempah seperti kulit kayu manis, kapulaga dan masih banyak lagi.

Kelebihan Bandrek

Berikut beberapa kelebihan bandrek yang perlu Anda ketahui:

  • Membantu Mengatasi Kegemukan

Bandrek memiliki fungsi untuk membantu mengatasi kegemukan. Bandrek mengandung banyak rempah-rempah yang sangat baik untuk membantu mengatasi kegemukan. Banyaknya rempah yang digunakan pada bandrek memiliki fungsi untuk mengatasi obesitas atau kegemukan. Kandungan dalam bandrek dapat mengatasi obesitas dengan cara mencegah akumulasi lemak di area perut. Kandungan ini juga berfungsi mendorong pemakaian energi yang tersimpan dan mencegah naiknya berat badan. Selain itu, aktivitas tersebut juga membantu metabolisme sehat sekaligus meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

  • Mengatasi Bau Badan

Serai dan jahe yang terdapat di dalam bandrek dapat membantu untuk mengatasi masalah bau badan. Serai dan juga jahe yang merupakan bahan utama dari bandrek dapat berfungsi sebagai deodoran. Serai dan jahe ini memiliki sifat membersihkan dan antibakteri sehingga bisa menghilangkan bau badan sekaligus mencegah bakteri dan infeksi jamur yang menjadi penyebab bau badan termasuk bau kaki.

  • Mengatasi Gangguan Perut

Bahan-bahan yang terkandung dalam minuman bandrek ini memiliki sifat anti mikroba. Sifat anti mikroba yang dimiliki ini dapat membantu melawan infeksi. Infeksi yang dapat dilawan merupakan infeksi yang disebabkan berbagai patogen sehingga bisa menstimulasi usus, mengatasi tukak gastrik, memperbaiki sistem pencernaan, solusi diare, mual, sembelit, kolitis ulserativa dan sakit perut. Dikutip dari bandrek juga memiliki manfaat lain seperti obat flu, mengurangi risiko diabetes, serta meringankan kram.

 

Penjelasan Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas masyarakat Sunda yang bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, pandan, dan bubuk vanili. Minuman ini banyak disukai karena dapat membantu menghangatkan tubuh.

Kelebihan Bajigur

Berikut beberapa kelebihan atau manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda meminum bajigur:

  • Mencegah Hipertensi

Bajigur mengandung jahe, kandungan jahe yang terdapat dalam bajigur akan membantu metabolisme di dalam tubuh Anda menjadi meningkat. Kinerja metabolisme tubuh dengan cara memperlancar aliran darah dan membantu proses pelebaran pembuluh darah sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari hipertensi atau penyakit darah tinggi.

  • Menambah Nafsu Makan

Ada bajigur yang menggunakan pandan sebagai bahan pelengkap. Kandungan tonikum yang dihasilkan dari pandan akan membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga akan membantu menjaga kesehatan lambung Anda secara tidak secara langsung.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Bajigur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menjaga sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun akan membantu menghalangi dan memusnahkan radikal bebas dari dalam tubuh.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Bajigur merupakan minuman yang mengandung gula aren sebagai bahan pembuatannya. Dengan meminum bajigur, Anda dapat menjaga kadar kolesterol tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan niacin pada gula aren yang di jadikan bahan baku pembuatan bajigur, niacin berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga kadar kolesterol yang tinggi penyembuhannya bisa dibantu dengan mengkonsumsi bajigur.