Berikut mengenai Perbedaan diagram dan grafik

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan Perbedan diagram dan grafik

   Grafik
Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gambar. Grafik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.
1. Grafik Batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekan kan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek. Contoh Grafik Batang :

Grafik Batang Pekerjaan Orang Tua Siswa SMK Negeri 2

  1. Grafik Garis 
    adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang di hubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik ini di gunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.
    Contoh Grafik Garis :
grafik pengunjung Perpustakaan SMKN 2
  1. Grafik Lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya.
    Contoh Grafik Lingkaran :
  1. Diagram

Secara umum pengertian diagram adalah gambar atau grafik yang berisi keterangan dan menjelaskan sarana, prosedur, atau kegiatan yang biasa dijalankan suatu sistem. Diagram juga dapat berarti gambaran (sketsa, buram) yang menggunakan garis dan simbol untuk menerapkan atau memperlihatkan sesuatu.diagram adalah suatu gambaran data yang telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah grafik, garis atau tabel. Diagram merupakan sebuah sarana untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis data dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami.

  1. Diagram Garis

 Untuk menggambarkan keadaan yang berkesinambungan atau kontinu maka dengan      cara membuat diagram garis

Contoh :

  1. Diagram Batang

Seperti halnya pada diagram garis, untuk data yang variablenya berbentuk kategori atau atribut (mempunyai ciri-ciri khusu) dapat disajikan dalam bentuk diagram batang.

Contoh :

3, Diagram lingkaran

Pada penyajian data dalam betuk diagram lingkaran, lingkaran di bagi dalam bentuk juring-juring lingkarang sesuai dengan data yang bersangkutan. Luas masing-masing juring sebanding dengan prosentase data yang bersangkutan

Contoh:

  1. Piktogram
    Piktogram ialah diagram berbentuk gambar. Setiap gambar digunakan sebagai satua. Misalya 1 orang mewakili 1000 jiwa.
    contoh :
  2. Histogram
    Histogram merupakan diagram  untuk menyajika data dalam bentuk distribusi frekuensi. Sumbu tegak untuk menyatakan frekuensi dan sumbu mendatar untuk menyatakan batas interval kelas
    Contoh :