Empiris, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan, Empiris yu langsung aja disimak

Pengertian Empiris Dalam Sosiologi

Pengertian empiris dalam sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang didasarkan pada akal sehat, tidak spekulatif dan berdasarkan observasi terhadap kenyataan.

Pengertian Empiris Dalam Sejarah

Pengertian empiris dalam sejarah adalah merupakan kenyataan, bukan mitos atau cerita dongeng belaka karena sejarah punya sumber yang valid yang didasarkan kepada kajian dan observasi yang mendalam pada peristiwa yang sungguh terjadi di masa lampau.

Sebagai suatu doktrin, empirisme adalah lawan dari rasionalisme. Empirisme berpendapat bahwa pengetahuan tentang kebenaran yang sempurna tidak diperoleh melalui akal, melainkan di peroleh atau bersumber dari panca indera manusia, yaitu mata, lidah, telinga, kulit dan hidung. Dengan kata lain, kebenaran adalah sesuatu yang sesuai dengan pengalaman manusia.

Maka dari itu, seorang peneliti menggunakan data empiris. Seseorang yang melakukan penelitian harus berdasarkan data empiris. Yang berarti data tersebut telah terbukti kebenarannya, di dasarkan dari fenomena yang diamati dan diukur. Suatu data empiris di peroleh dari pengalaman langsung dan aktual bukan hanya sekedar dari teori