Simak Berikut mengenai Perbedaan epoxy dan resin

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan Perbedan epoxy dan resin

Epoxy dan Resin Berbeda?

UPR (Unsaturated Resin Polyester) atau biasa disebut sebagai Fiberglass Resin sudah cukup populer sejak tahun 1930 pada bidang perkapalan sebelum munculnya epoxy.  Inilah mengapa Fiberglass lebih dikenal dengan nama resin kapal. Namun seiring berjalannya waktu, kepopuleran dari resin polyester ini semakin lama semakin menghilang. Hal ini disebabkan oleh munculnya resin epoxy dengan karakteristiknya yang dipercaya jauh lebih unggul dibanding resin polyester. Selain pada beton, resin epoxy ini juga dapat merekat kuat di hampir semua permukaan, sehingga cat ini cocok digunakan sebagai bahan finishing.

 

Apa Fungsi Epoxy?

Dalam penerapannya, fungsi dari epoxy sendiri banyak dijumpai di berbagai industri, seperti cat pelapis untuk lantai, perekat (lem epoxy), hingga bahan pengikat dan lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi epoxy pada pengaplikasian berbagai industri.

  • Epoxy memberikan lapisan pelindung yang sangat tangguh dan tidak mudah rusak pada lantai
  • Sebagai pembentuk komponen dan perekat strukturan dalam pembuatan pesawat, kapal, serta mobil.
  • Digunakan dalam industri elektronik pada pembuatan transistor atau sirkuit board.
  • Sebagai pengikat sampel yang akan diteliti pada mikroskop elektron.
  • Digunakan sebagai campuran untuk gips dan cetakan laminasi atau perlengkapan lainnya

 

Apa Fungsi Hardener pada Epoxy Lantai?

Hardener pada epoxy lantai sendiri memiliki fungsi sebagai katali untuk memperingkas proses pengeringan atau reaksi dari polimerisasi. Adapun hardener ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan kekerasan daripada beton, meminimalisir debu pada permukaan lantai beton, dan kemampuan ketahanan abrasi.

 

Itulah ulasan lebih lengkap tentang epoxy dan resin. Hal terpenting yang perlu dipahami oleh setiap pemilik bangunan adalah bahwa penggunaan cat pelapis epoxy lantai ini memiliki biaya perawatan dan pembersihan yang rendah. Sedangkan, harga epoxy sendiri bergantung pada material dari masing-masing produk. Seperti pada epoxy yang memiliki material komposit, perekat, dan pelapis dengan serat karbon fiberglass biasanya harganya lebih tinggi dibanding epoxy lainnya.