Mengenai Peranan Penting Link Internet

Link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Hyperlink atau link digunakan untuk menghubungkan beberapa objek, file, halaman website, dan lainnya.

Fungsi Link Pada Blog

dan adapun untuk jenis jenis link yang ada pada blog atau website, secara garis besar link terbagi menjadi 3, yaitu ;

  • Backlink
  • Internal link
  • External link
Backlink
Seperti arti katanya, backlink adalah sebuah tautan yang berasal dari luar sebuah blog entah itu dari website lain atau bukan dan mengarah ke dalam suatu blog, backlink disini berfungsi sebagai umpan atau rujukan untuk membuat sebuah blog menjadi lebih banyak dikunjungi pengunjung.
Dengan banyaknya backlink yang berkualitas, tentunya dapat meningkatkan SEO sebuah blog, namun sayangnya akan sangat sulit mendapat backlink yang berkualitas, karena bisa jadi backlink yang kita dapatkan itu berasal dari blog yang tidak berkualitas.
Internal link
Internal link merupakan sebuah tautan yang berada pada sebuah blog, dan terus berputar dalam blog tersebut.
Fungsi dari internal link adalah supaya memudahkan pengunjung untuk terus menjelajahi sebuah blog lebih dalam, karena dengan adanya internal link, berarti semakin besar pula peluang untuk tersentuhnya halaman halaman blog yang lain yang ada pada sebuah blog.
External link
External link merupakan kebalikan dari internal link, secara gamblangnya external link adalah link keluar, maksudnya, link ini berada pada sebuah blog namun mengarah ke luar blog, atau ke blog lain.
Fungsi external link adalah untuk memudahkan pengunjung dalam mengakses sebuah blog lain yang memang pantas dikunjungi, secara kasarnya, external link itu backlink gratis dari blog kita ke blog lain.