Berikut Mengenai Perbedaan bulu dan rambut

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan Perbedaan bulu dan rambut

Perbedaan Bulu dan Rambut Lain

Mungkin Anda sudah menyadari bahwa rambut di kepala tumbuh terus menerus, sementara rambut di bagian tubuh lain, seperti “bulu” mata, terhenti pada titik tertentu. Begitu juga pada burung, bulu-bulu mereka tidak tumbuh seperti rambut kepala kita.

Sebagai tambahan, bulu tidak mengalami perubahan warna sedangkan rambut kepala berubah warna (beruban).

Penjelasan Rambut

Struktur anatomi rambut tersusun dari akar rambut (rootbulb atau knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Rambut pada hewan teraba lebih kasar, sedangkan pada manusia rambut lebih lembut. Pigmen rambut hewan seragam dan terletak di tengah atau tepi sedangkan pigmen rambut manusia tersebar sepanjang batang rambut. Kehilangan pigmen pada rambut menyebabkan rambut berubah menjadi putih atau ubah.

Penjelasan Bulu

Bulu yang menutupi permukaan tubuh burung dan unggas adalah struktur yang kedap air. Inilah yang memberikan bebek dapat berenang dan mengapung di air tanpa basah kuyup.

Sumbu utama dari bulu disebut rachis, bercabang ke samping membentuk barb, lalu keluar percabang lagi yang disebut barbule. “Quill” adalah tangkai pangkal dari bulu yang menghubungkan bulu dengan folikel.