Simak Berikut mengenai Perbedaan elektro dan elektronika

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan Perbedaan elektro dan elektronika

elektro, saya menjumpai kata ini digunakan sebagai nama salah satu jurusan di fakultas teknik. Ya, jurusan itu adalah teknik elektro yang mempelajari beberapa bidang, diantaranya energi listrik, elektronika, telekomunikasi, sistem kontrol, dan komputer & informatika (berdasarkan macam konsentrasi di jurusan teknik elektro di kampus saya). Saya juga pernah mengikuti suatu mata kuliah yang bernama Dasar Teknik Elektro. Dengan demikian saya simpulkan bahwa kata elektro berarti suatu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan listrik.

elektronika, sepertinya kata ini berasal dari kata elektro dan ditambah akhiran -nika. Lalu apa artinya? Jika anda sependapat dengan saya dan ingin menerka artinya, tunggu sebentar, anda telah tekecoh seperti saya pun terkecoh (baca tulisan selanjutnya, di bagian bawah entri ini). Saya mencoba mendefinisikan kata ini dengan cara seperti pada kedua kata sebelumnya. Matakuliah yang mengunakan kata elektronika di antaranya Dasar Elektronika, Elektronika Analog, Elektronika Digital, Elektronika Telekomunikasi, Elektronika Kedokteran, dll. Berbeda dengan Rangkaian Elektrik yang banyak mempelajari komponen listrik pasif (resistor, induktor, kapasitor) matakuliah-matakuliah yang berkaitan dengan elektronika lebih banyak mempelajari komponen aktif (transistor, op-amp, dll.) dan berhubungan dengan sinyal listrik (yang memiliki arus rendah atau lemah). Dari sini saya masih belum cukup jelas untuk menarik kesimpulan tentang arti kata elektronika. Baiklah maka saya ambil kata kunci “komponen aktif” dan “arus lemah”. Kedua kata kunci berkaitan erat dengan barang-barang elektronik (tv, radio, hp, dll.). Akhirnya saya simpulkan secara kasar bahwa elektronika berarti ilmu yang mempelajari seluk beluk barang elektronik. Jiaah…
Agak ngawur sepertinya, dan memang saya asal menarik kesimpulan karena otak sudah sedikit panas. Dan saya putuskan untuk bersantai dan melihat pemandangan di luar bus.