Baru Mengenai Pejelasan Singkat Sentrosom Siklus

Penjelasan singkat tentang Sentrosom Siklus, simak uraian berikut ini

Struktur Sentriol

Sentriol terdiri atas seperangkat yang terdiri sembilan mikrotubulus triplet yang disusun secara melingkar, yang memberikannya penampilan berbentuk tong. Di dalam sentrosom, dua sentriol seperti itu (disebut  sentriol induk dan sentriol anak) disusun tegak lurus satu sama lain. Mereka melekat satu sama lain dengan erat, dan dikelilingi oleh matriks padat yang disebut bahan perisentriolar. Sentriol induk adalah struktur matang yang memiliki tambahan pelengkap yang terlibat dalam penahan dan penempatan mikrotubulus. Sentriol anak adalah struktur yang relatif muda atau belum dewasa. Diameter, panjang dan jenis pelengkap yang tepat yang melekat tergantung pada spesies dan jenis jaringan tertentu.

Sentriol berfungsi sebagai pusat pengorganisasian mikrotubulus utama yang merupakan peristiwa penting dalam dua proses seluler utama – pembelahan sel dan pembentukan silia dan / atau flagela. Diberikan di bawah ini adalah deskripsi peran yang tepat dari pembentukan di masing-masing proses ini

 

Fungsi sentriol dalam pembentukan dalam Pembelahan sel

Pasangan sentriol dalam sel duplikat, dan dua pasang bermigrasi ke ujung sel yang berlawanan untuk secara kolektif mengatur poros mitosis. Selama tahap transisi interfase G1 / S , sentriol yang ada dari sel melepaskan diri dari satu sama lain, dan setiap sentriol menimbulkan sentriol baru. Sentriol yang baru terbentuk tetap melekat erat pada sentriol induk, dan memanjang selama fase S dan G2.