Baru Berikut Pemahaman Tulang Lengan Atas

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan, Tulang lengan atas manusia

 

Fungsi tulang atas atau dikenal dengan humerus adalah untuk gerak badan atas manusia. Tangan kita selalu berguna banyak, makanya tulang ini punya fungsi alat gerak penting.

Pada sistem gerak manusia, fungsi tulang lengan atas menjadi bagian tulang anggota gerak atas yang paling besar dan panjang. Tulang lengan atas disebut humerus.

Berdasarkan anatomis terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas humerus, badan humerus (corpus humerus), dan bagian bawah humerus.

Bentuk tulang ini bulat, panjang, dan berongga. Oleh karenanya termasuk k dalam kelompok tulang pipa. Tulangnya berbentuk seperti tongkat, terdapat kepala sendi pada bagian yang berhubungan dengan bahu.

Struktur halus pada tulang ini dikelilingi oleh tulang belikat, serta ujung atasnya membesar. Bagian bawah tulang ini memiliki dua lekukan yang menjadi tempat melekatnya tulang radius dan hasta.

Tulang lengan atas bersama tulang selangka dihubungkan melalui sebuah scapula. Terdapat bagian yang sedikit lebih panjang di sebalah bawah tulang lengan atas, disebut leher anatomik.

Berikut merupakan otot yang melekat pada tulang atas :

1. Epicondylus Lateralis

  1. Otot Extensor Carpi Ulnaris
  2. Otot Extensor Digitorum
  3. Otot Supinator
  4. Otot Extensor Carpi Radialis Brevis
  5. Otot Extensor Digiti Minimi

2. Epicondylus Medialis

  1. Otot Flexor Digitorum Superficialis
  2. Otot Flexor Carpi Radialis
  3. Otot Flexor Carpi Ulnaris
  4. Otot Palmaris Longus
  5. Otot Pronator Teres

3. Sulcus Intertubercularis

  1. Otot Pectoralis Major
  2. Otot Latissimus Dorsi
  3. Otot Teres Major

4. Tuberculum Mayus dan Minus (Otot Rotator Cuff)

  1. Otot Supraspinatus
  2. Otot Teres Minor
  3. Otot Infraspinatus
  4. Otot Subscapularis

Sendi Tulang Lengan Atas

Dalam bagian kepala bonggol tulang lengan atas disebut caput humeri bersendi dengan scapula pada bagian cavitas glenoidales. Persendian ini memiliki jangkauan gerak yang luas dan dikenal dengan sebutan sendi bahu.

Fungsi Tulang Lengan Atas

Setelag mengetahui beberapa penjelasan diatas, berikut merupakan fungsi yang ada :

1. Sebagai Tulang Anggota Gerak Atas

Fungsi tulang lengan atas ialah sebagai sebuah tulang anggota gerak bagian atas, bersamaan dengan jenis tulang lainnya, tulang ini ikut serta untuk membentuk alat gerak atas pada tubuh manusia.

2. Menggerakkan bagian siku dan bahu

Gerakan yang terdapat pada siku maupun bahu didukung oleh tulang ini.

3. Tempat Melekatnya Otot Utama

Otot-otot yang melekat di tulang ini berfungsi untuk mendukung gerakan pada bagian atas tubuh. Beberapa jenis otot utama tersebut, ialah : deltoid, ratator cuff, serta pektoralis primer.

4. Penopang Kekuatan Lengan

Menopang kekuatan lengan tubuh manusia dengan melatih aktvitas fisik sehari-hari, seperti : mengangkat beban membutuhkan kekuatan lengan. Tulang lengan atas berperan penting agar dapat melaksanakan ini.

5. Penghubung Sendi Putar

Menghubungkan suatu sendi putar yang terdapat dalam bagian lengan.

6. Penghubung Tulang Lengan Bawah dan Gelang Bahu

Sebagai bagian dari tulang anggota gerak atas, tulang lengan atas berfungsi sebagai penghubung antara gelang bahu dengan tulang lengan bawah pada tubuh manusia itu.