Simak Mengenai Istilah Abdomen

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Abdomen

Istilah Abdumen

Abdomen adalah kondisi di mana kumpulan jaringan parut mengakibatkan organ dalam (umumnya usus) saling melekat, sehingga tidak dapat bergerak bebas. Kondisi ini merupakan komplikasi umum dari operasi perut, yang dialami oleh lebih dari 90% pasien. Namun, tidak semua kasus merupakan ancaman serius atau menimbulkan gejala yang mengganggu. Nyatanya, banyak pasien yang tidak perlu pengobatan apa pun.

Perlekatan abdomen umumnya terbentuk beberapa hari setelah operasi. Sebagian besar tidak menimbulkan gejala apa pun, hingga membatasi gerak usus (biasanya usus kecil). Kondisi ini dapat terjadi dalam beberapa bulan atau tahun pasca operasi. Jika sebagian atau seluruh usus telah tersumbat, pasien harus segera mendapat pengobatan agar aliran darah ke area tersebut tidak terputus. Penyumbatan ini juga menyebabkan makanan, cairan, udara, dan asam lambung menumpuk dan membuat usus pecah. Apabila hal ini terjadi, bakteri dan kandungan usus yang berbahaya akan masuk ke rongga perut.

Meski operasi adalah satu-satunya cara untuk menghentikan perlekatan, namun dokter berusaha untuk menanganinya dengan pengobatan konvensional. Ini karena operasi dapat memicu lebih banyak perlekatan.