Simak Mengenai Istilah Atmosfer

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Atmosfer

Istilah Atmosfer

Atmosfer adalah selimut gas yang menyelubungi sebuah planet, khususnya planet bumi. Atmosfer megelilingi sebuah planet dengan lapisan yang sangat tebal, bahkan jaraknya sampai ribuan kilometer dari planet tersebut ke atas atau ke luar angkasa.

A. Gas apa saja yang terdapat pada atmosfer?

Setiap planet mempunyai atmosfer yang berbeda-beda. Planet bumi sendiri memiliki atmosfer dengan ketebalan kurang lebih sekitar 1000 kilo meter dari permukaan bumi. Atmosfer terdiri atas bermacam-macam gas. Gas tersebut yaitu nitrogen (sebesar 78%), oksigen (sebesar 21%), argon (sebesar 0,9%), karbondioksida ( sebesar 0,03%) dan uap air, krypton, neon, xinon, hidrogen, kalium serta ozon (sebesar 0,07%).

B. Manfaat dan fungsi atmosfer

Inilah beberapa manfaat atmosfer:

1. Melindungi bumi dari berbagai macam benda luar angkasa yang jatuh ke bumi karena terkena gaya gravitasi bumi.

2. Melindungi bumi dari radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya, untuk kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi dengan lapisan ozon.

3. Mengandung bemacam-macam gas yang dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bernafas serta untuk keperluan yang lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, dan lain-lain.

4. Media cuaca yang mempengaruhi angin, awan, salju, hujan, topan, badai dan lain sebagainya.

Fungsi Atmosfer

Fungsi atmosfer salah satunya yaitu untuk mengatur proses penerimaan panas dari matahari, ialah dengan cara menyerap serta memantulkan panas yang dipancarkan matahari. Sekitar sebesar 34% panas matahari dipantulkan kembali ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukan bumi, lalu sekitar sebesar 19% diserap atmosfer dan awan, kemudian sekitar 47% lagi mencapai permukaan bumi.