Simak Mengenai Istilah Bakteri

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Bakteri

Istilah Bakteri

Bakteri merupakan suatu organisme yang memiliki satu sel atau uniseluler, prokariota atau prokariot, dan berukuran microskopik atau berukuran sangat kecil serta tidak memiliki klorofil. Asal kata Bakteri ini sendiri berasal dari kata “bacterium” dalam bahasa latin.
Bakteri memiliki berbagai macam spesies jumlahnya sendiri mencapai hingga ratusan ribu. Selain itu, Bakteri adalah organisme yang paling banyak yang berada di muka bumi ini. Adapun tempat tinggalnya berada di dalam tanah, di atas tanah, di udara, di air, di organisme lain dan masih banyak lagi. Bakteri bertumbuh serta berkembang sesuai dengan ph, suhu, temperatur, kandungan garam, zat kimia, zat metabolisme serta sumber nutrisi.

Bakteri pertama kali di temukan oleh ilmuan yang bernama Anthony Van Leewenhoek, yang kemudian di kemukakan dalam bentuk buku bergambar bekteri pada tahun 1684. Adapun ilmu yang mempelajari mengenai bakteri adalah bakteriologi.

Jenis Jenis Bakteri

Mengacu kepada penjelasan di atas bahwa jumlah bakter sangatlah banyak, namun kali ini akan di jelaskan mengenai jenis jenis bakteri berdasarkan cara mereka mendapat makanan dan dari cara mereka memperoleh oksigen.

Adapun penjelasanya yakni sebagai berikut :

1. Bakteri Heterotrof yakni ialah bakteri yang memakan senyawa organika dari organisme lain. Bakteri heterotof terbagi menjadi 2 yaitu bakteri parasit dan bakteri sprofit.

2. Bakteri Autotrof yakni ialah bakteri yang mampu membuat makananan untuk dirinya sendiri. Bakteri jenis ini terbagi menjadi dua yaitu bacteri kemoautotrof dan bacteri fotoautotrof.

Berikut ini adalah pengelompokkan bakteri berdasarkan cara mereka memperoleh oksigen, adapun penjelasannya sebagai berikut :

1. Bakteri Aerob yakni adalah bakteri yang memperoleh energi dengan cara menangkap oksigen bebas. Bakteri jenis ini adalah nitrosococcus, nitrosomonas, dan nitrobacter.

2. Bakteri Anaerob yakni adalah bakteri yang dalam mendapatkan energi tidak membutuhkan oksigen bebas. Energinya berasal dari proses perombakan senyawa organik dan tidak harus menggunakan oksigen di dalam proses itu, proses tersebut disebut dengan fermentasi. Bakteri jenis ini di bedakan menjadi dua yaitu anaerob obligat dan anaerob fakultatif.

Ciri Ciri Bakteri

Berikut ini adalah ciri ciri bakteri, diantaranya :

1. Bersel satu atau bersel tunggal

2. Prokariotik

3. Kandungan kromosom haploid

4. Hidupnya secara autotrof maupun heterotrof

5. Memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil

6. Berkembang biak dan bereproduksisecara seksual dan aseksual

7. Memiliki bentuk sel yang bervariativ, ada yang berbentuk batang, bulat, spiral dan bentuk lainnya

8. Memiliki alat gerak bernama flagel, namun ada juga sebagianyang tidak dilengkapi dengan alat gerak tersebut

9. Butuh kelembaban yang tinggi, yakni kurang lebih 85% untuk kelanjutan hidupnya

10. Mempunyai dinding sel peptidoglikan pada lingkungan yang ekstrim dan kosmoploit mengandung peptidoglikan.