Simak Mengenai Istilah Benua

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Benua

Istilah Benua

Benua adalah suatu wilayah daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Dalam arti sempit, benua adalah wilayah daratan yang saling terhubung, dimana garis pantai dan batas-batas darat lainnya membentuk tepi benua.

Pendapat lain mengatakan, pengertian benua adalah kumpulan daratan yang terhubung satu sama lain sehingga menjadi besar dan idealnya terpisah oleh bidang air. Setiap benua yang ada di dunia dibatasi atau dikelilingi oleh samudra.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, benua adalah daratan yang sangat luas sehingga bagian tengahnya tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Dalam hal ini, identifikasi benua dibuat berdasarkan kesepakatan (konvensi) dan juga beberapa kriteria baku lainnya.

Proses Terbentuknya Benua

Menurut penelitian dan sains, pada awalnya bumi terbentuk dengan daratan yang sangat luas. Fenomena alam dan pergerakan kerak bumi secara terus menerus mengakibatkan benua menjadi terpisah menjadi beberapa daratan.

Teori tentang proses pembentukan benua-benua di dunia pertamakali dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener pada tahun 1912. Teori tersebut dikenal dengan Teori Apung Bumi (Teori Pergeseran Benua) atau Continental Drift.

Alfred Wegener yang merupakan seorang ahli meteorologi dan geofisika mengatakan bahwa benua-benua di dunia ini dulunya merupakan satu superbenua yang disebut Pangaea. Menurutnya, sekitar 200 juta tahun yang lalu Pangea terpecah akibat fenomena geografi dan pergerakan bumi.

Akibat berbagai fenomena alam, pecahan Pangea tersebut kemudian bergerak dan berpindah satu dengan yang lain. Hasil penelitian dan sains menemukan beberapa bukti teori Alfred Wegener, yaitu adanya kecocokan garis pantai antar benua yang berjauhan, fosil mahluk hidup yang sejenis di benua yang berbeda, serta adanya formasi batuan sejenis pada beberapa pantai di benua yang berbeda.