Simak Mengenai Istilah Biografi

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Biografi

Istilah Biografi

Biografi adalah suatu tulisan yang menjelaskan tentang kisah dan keterangan mengenai kehidupan seseorang atau kisah riwayat hidup seseorang.

Secara etimologis, kata “Biografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Bios” yang artinya hidup dan “Graphien” yang artinya tulisan. Sehingga secara singkat pengertian biografi adalah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang.

Umumnya pembuatan biografi hanya untuk tokoh-tokoh yang dianggap penting dan memiliki pengaruh bagi kehidupan orang banyak. Biografi bisa berbentuk tulisan singkat dalam satu artikel pendek, namun bisa juga dalam bentuk buku atau lebih dari satu buku.

Biografi seseorang dalam bentuk artikel singkat biasanya menjelaskan tentang fakta kehidupan seseorang secara singkat. Sedangkan biografi dalam bentuk buku berisi berbagai informasi dan fakta hidup seseorang yang dikisahkan secara mendetail dan ditulis dengan gaya bahasa yang menarik.

Ciri-Ciri Biografi

Kita dapat mengenali suatu tulisan biografi dengan memperhatikan karakteristiknya. Adapun ciri-ciri biografi adalah sebagai berikut:

Biografi memiliki struktur baku dalam pembuatannya, meliputi orientasi, reorientasi, dan peristiwa.

Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan.

Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.

Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga dapat mempengaruhi pembaca.

Biografi juga mengandung hal-hal yang dapat memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.