Simak Mengenai Istilah customer

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah customer

Istilah customer

Customer adalah seseorang atau organisasi yang membeli suatu barang atau jasa dari sebuah toko atau bisnis tertentu.

Pendapat lain mengatakan pengertian customer adalah pelanggan, yaitu individu, rumah tangga, atau perusahaan, yang membeli suatu produk, baik itu ide, barang, atau jasa, dari penjual atau pemasok tertentu.

Dalam hal ini, customer tidak selalu berarti konsumen karena bisa saja pelanggan tersebut membeli suatu produk bukan untuk digunakan sendiri tapi untuk dijual atau diberikan kepada orang lain.
Berikut ini adalah beberapa karakter customer dan cara menghadapinya:

Customer pemarah; pelanggan pemarah harus dihadapi dengan tenang, sabar, dan mendengarkan perkataannya dengan baik. Pahami penyebab kemarahannya dan berikan penjelasan dengan cara seramah mungkin.

Customer pendiam; pelanggan seperti ini membutuhkan cara khusus untuk mendapatkan perhatiannya. Misalnya; mengajak bicara dan membuatnya nyaman, mencoba akrab dengannya dan menanyakan mengenai barang yang dibutuhkannya.

Customer tak sabaran; pelanggan seperti ini membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Terkadang pelanggan tak sabaran meminta banyak hal dalam waktu singkat sehingga dibutuhkan kesabaran juga untuk menghadapinya.

Customer detail; pelanggan seperti ini harus ditangani oleh seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang suatu produk. Pasalnya, pelanggan tersebut akan banyak bertanya mengenai produk tersebut dan detail.

Customer hemat; pelanggan seperti ini umumnya mencari produk yang sedang diskon atau sedang turun harga. Menjelaskan kelebihan suatu produk dan batas waktu diskon akan membuat pelanggan hemat cenderung akan segera membeli.