Simak Mengenai Istilah diksi

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah diksi

Istilah diksi

Diksi adalah suatu pilihan kata yang tepat dan selaras dengan penggunaannya dalam menyampaikan sebuah gagasan atau cerita yang meliputi gaya bahasa, ungkapan, pilihan kata, dan lain-lain, sehingga didapatkan efek sesuai dengan yang diinginkan.

Keterbatasan dalam kosa kata dapat mengakibatkan seseorang kesulitan dalam menyampaikan maksudnya kepada orang lain. Dan jika orang tersebut menggunakan kosa kata yang berlebihan, ini juga akan membuat orang lain sulit mengerti pesan yang disampaikan.

Itu sebabnya para pembicara sering membaca dan berlatih agar menguasai diksi atau pilihan kata ketika berbicara. Dengan diksi yang tepat maka pendengar atau audiens dapat dengan mudah memahami maksud seorang pembicara.
Fungsi Diksi

Mengacu pada pengertian diksi di atas, fungsi diksi adalah agar pemilihan kata dan cara penyampaiannya dapat dilakukan dengan tepat sehingga orang lain mengerti maksud yang disampaikan.

Diksi juga berfungsi untuk memperindah suatu kalimat. Misalnya diksi dalam suatu cerita, dengan diksi yang baik maka penyampaian cerita dapat dilakukan secara runtut, menjelaskan tokoh-tokoh, mendeskripsikan latar dan waktu, dan lain sebagainya.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa fungsi diksi:

Membantu audiens/ pembaca mengerti apa yang disampaikan penulis atau pembicara.

Menciptakan aktivitas komunikasi yang lebih efektif dan efisien.

Menyampaikan gagasan atau ide dengan tepat.

Menjadi lambang ekspresi yang ada pada suatu gagasan.