Simak Mengenai Istilah domain

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah domain

Istilah domain

domain adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer (seperti web server, mail sever) di jaringan komputer atau internet sehingga pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa harus mengingat IP address server tersebut.

Pada dasarnya untuk bisa mengakses informasi dari sebuah server, kita harus menggunakan alamat IP (internet protocol). Misalnya, alamat IP kangdarus.com adalah 173.245.58.138 dan 173.245.59.143.

Deretan angka ini tentu agak sulit untuk diingat oleh pengguna internet pada umumnya. Untuk mempermudah, maka digunakanlah nama domain sehingga lebih mudah untuk diingat ketika akan diakses

Fungsi Domain
Seperti yang telah disebutkan pada pengertian domain di atas, pada dasarnya domain berfungsi untuk menggantikan alamat IP server komputer sehingga memudahkan pengguna internet untuk mengaksesnya. Selain itu, masih ada fungsi domain lainnya, yaitu sebagai identitas online/ brand bisnis di internet.

Seperti kita ketahui, pemasaran online merupakan sesuatu yang sangat penting di jaman digital seperti sekarang ini. Nama domain yang unik dan mudah diingat oleh pengguna internet akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemilik bisnis.

Itulah alasan mengapa nama domain yang unik, singkat, dan mudah diingat banyak diburu para pebisnis online. Bahkan ada banyak pengusaha online melakukan riset khusus sebelum menentukan nama domain untuk bisnis mereka.