Simak Mengenai Istilah domestik

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah domestik

Istilah domestik

domestik adalah istilah yang merujuk pada sesuatu yang berhubungan dengan permasalahan di dalam negara tertentu.

Pendapat lain mengatakan, pengertian domestik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan kerumahtanggaan atau hubungan keluarga. Dengan begitu, domestik merupakan istilah yang digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan internal dalam negari atau dalam rumah tangga.

Menurut KBBI, istilah domestik juga digunakan untuk menyebutkan hewan peliharaan atau hewan jinak. Beberapa yang termasuk hewan domestik misalnya; anjing, kucing, kuda, domba, dan lain sebagainya yang umum dipelihara atau tinggal disekitar rumah manusia.

Istilah domestik juga dapat digunakan untuk menggantikan beberapa kata yang merujuk pada sesuatu yang ada di dalam negeri atau wilayah tertentu. Beberapa kata tersebut diantaranya;

Lokal

Dalam negeri

Nasional

Nusantara

Pribumi

Setempat

Internal

Tempatan

Kerumahtanggaan
Penggunaan Istilah Domestik

Penggunaan kata “domestik” sudah sangat jamak dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, istilah ini umumnya merujuk pada hal-hal yang berkaitan dengan dalam negeri atau kerumahtanggaan (rumah tangga, organisasi, perusahaan, partai politik, dan lain sebagainya).

Mengacu pada arti domestik, adapun beberapa contoh istilah yang menggunakan kata domestik adalah sebagai berikut:

Hewan domestik adalah hewan peliharaan manusia yang diadopsi atau dijinakkan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia.

Perdagangan domestik adalah kegiatan perdagangan (jual-beli) yang dilakukan secara sukarela oleh setiap pihak dalam lingkung nasional atau dalam negeri.

Limbah domestik adalah limbah yang berasal dari aktivitas perumahan (rumah tangga), baik dalam bentuk cair (minyak, deterjen, dan lain-lain) maupun padat (kertas, kayu, kaca, besi, dan lain-lain).

Pasar domestik adalah semua kegiatan perdagangan yang terjadi di suatu negara di luar ekspor-impor.

Ekonomi domestik adalah aktivitas ekonomi yang berasal dari pasar dalam negeri.

Penerbangan domestik adalah jenis penerbangan komersial dalam penerbangan sipil dimana keberangkatan dan kedatangan berlangsung di negara yang sama.

Wisatawan domestik adalah wisatawan yang berasal dari dalam negeri (daerah lain), bukan dari negara lain.

Turis domestik adalah turis yang datang dari suatu daerah di dalam negara yang sama, bukan dari negara lain.

Wisata domestik adalah kegiatan wisata yang dilakukan di dalam negeri sendiri.

Domestik tour adalah suatu kegiatan wisata yang dilakukan di dalam negeri dimana wisatawannya berasal dari dalam negeri atau disebut juga wisatawan nusantara.

Promosi domestik adalah kegiatan promosi yang dilakukan untuk meningkatkan arus wisatawan yang berasal dari dalam negeri.

Satelit domestik adalah satelit buatan yang digunakan sebagai alat telekomunikasi dalam negeri dan berfungsi melancarkan siaran televisi dalam negeri.

Drama domestik adalah sebuah kisah drama yang berisi cerita tentang kehidupan rakyat biasa.

Kekerasan domestik adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh suami, istri, maupun anak, yang berdampak buruk bagi kesehatan fisik, psikis, dan keharmonisan hubungan rumah tangga.

Pekerja domestik adalah pekerja rumah tangga/ asisten rumah tangga/ pembantu rumah tangga yang bekerja di dalam lingkup rumah tangga majikannya.