Simak Mengenai Istilah ekologi

da artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah ekologi

Istilah ekologi

ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan hidupnya.

Ada juga yang menjelaskan pengertian ekologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi mahluk hidup atau kelompok mahluk hidup dengan lingkungannya. Dengan kata lain, ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang ekosistem mahluk hidup.

Secara etimologis, istilah “Ekologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang artinya habitat dan “Logos” yang artinya “Ilmu”. Sehingga secara bahasa, definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara sesama organisme dan juga antara organisme dengan lingkungannya.

Aspek dan Prinsip dalam Ekologi

Dalam mempelajari hubungan antara mahluk hidup dengan lingkungannya, terdapat beberapa aspek dan prinsip yang harus diperhatikan. Mengacu pada pengertian ekologi di atas, berikut ini adalah aspek dan prinsip dalam ekologi:

I. Aspek Utama dalam Ekologi

Beberapa aspek penting dalam mempelajari ekologi adalah sebagai berikut:

  1. Studi mengenai interaksi organisme/ kelompok organisme dengan lingkungannya.
  2. Studi mengenai internaksi organime/ kelompok organisme dengan lingkungannya.
  3. Studi mengenai struktur dan fungsi alam.

Ruang Lingkup Ekologi

Secara umum, ekologi mempelajari mengenai interaksi organisme dengan lingkungan hidupnya. Adapun batasan pokok bahasan atau ruang lingkup ekologi adalah sebagai berikut:

1. Individu

Individu adalah satuan organisme dari setiap jenis atau species tertentu. Misalnya; seorang manusia, seekor gajah, seekor burung, seekor ikan, dan sebagainya.

2. Populasi

Populasi adalah suatu kelompok individu sejenis yang berada di suatu tempat dan waktu tertentu. Misalnya populasi manusia, populasi burung, populasi rumput, dan sebagainya.

3. Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok mahluk hidup yang terdiri atas beberapa populasi dan saling berinteraksi satu sama lainnya pada suatu tempat dan waktu tertentu. Misalnya komunitas padang rumput yang di dalamnya terdapat populasi rumput, populasi belalang, populasi burung, populasi ular, dan lainnya.

4. Ekosistem

Ekosistem adalah suatu kondisi dimana terjadi hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Misalnya ekosistem hutan, ekosistem air laut, dan lainnya.

5. Biosfer

Biosfer adalah tingkatan organisasi biologi yang paling besar dimana di dalamnya terdapat semua kehidupan yang ada di bumi dan terdapat interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.