Simak Mengenai Istilah ekonomi

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah ekonomi

Istilah ekonomi

Ekonomi adalah suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang kegiatan manusia yang berkaitan dengan aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Ada juga yang menyebutkan definisi ekonomi adalah semua yang berhubungan dengan upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Istilah “Ekonomi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang artinya keluarga/ rumah tangga, dan “Nomos” yang artinya peraturan/ hukum. Sehingga arti Ekonomi secara harfiah adalah suatu manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga.

Lalu apa saja motif dalam ekonomi?

Yang dimaksud dengan motif ekonomi adalah alasan seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Berikut ini adalah beberapa motif dalam ekonomi sebagai berikut;

  • Motif pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Motif ini umumnya dilakukan oleh konsumen, misalnya membeli kebutuhan pokok manusia (beras, lauk-pauk)
  • Motif mencari keuntungan. Motif ini dilakukan oleh penjual, misalnya menjual kebutuhan pokok manusia untuk mendapatkan keuntungan.
  • Motif penghargaan.
  • Motif mendapatkan kekuasaan.
  • Motif sosial atau tolong-menolong.