Simak Mengenai Istilah energi potensial

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah energi potensial

Istilah energi potensial

Energi potensial disebut juga dengan energi diam sebab benda yang dalam keadaan diam bis memiliki energi. Apabila benda tersebut bergerak, maka benda itu mengalami perubahan energi potensial yang menjadi energi gerak. Energi potensial mempunyai beberapa bentuk diantaranya yaitu : energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, dan lain – lain.

Energi potensial yaitu energi yang memperngaruhi suatu benda karna posisi (ketinggian) benda tersebut yang kecenderungan itu menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan oleh energi potensial tersebut. Satuan SI untuk mengukur usaha dan energi yaity Joule (simbol J). Sebutan “energi potensial” pertama kali dikemukakan seorang teknik dan fisikawan yang berkebangsaan Skotlandia, William Rankine.

Pendapat lain Tentang Energi potensial yaitu sifat dari sistem, bukan benda

Sebuah sistem merupakan kumpulan dari benda atau partikel saling berinteraksi melalui gaya. Satuan dari Energi Potensial yaitu sama dengan Usaha dan Energi kinetic. Di dalam suatu sistem, ada dikenal dengan istilah tenaga potensial dan tenaga kinetik dan ini dikenal dalam sistem konservatif. Tenaga potensial merupakan tenaga yang belum dikeluarkan dan masih tersimpan.

Secara Umum Energi potensial yaitu energi yang dimiliki suatu benda sebab mempunyai ketinggian tertentu dari tanah. Energi potensial ada karena adanya gravitasi bumi.

Rumus Energi potensial

Energi potensial ada disebabka adanya gravitasi bumi. Energi potensial bisa dirumuskan sebagai berikut

Ep = m × g × h

Keterangan:

Ep adalah Energi potensial (J)
m adalah massa benda (kg)
g adalah percepatan gravitasi (m/s2)
h adalah tinggi benda dari permukaan tanah (meter)

Jika mengangkat benda bermassa m yang awalnya setinggi yi sampai benda setinggi yf maka benda berpindah sejauh Δr=yf−yi. Besar gaya luar minimal yang dibutuhkan untuk mengangkat benda yaitu sebesar F=mg. Sehingga besar usaha W

dapat dinyatakan sebagai berikut.

W =F × Δr
W = mgΔr
W = mgyf – mgyi