Simak Berikut mengenai Perbedaan kota dan desa

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas tentang Penjelasan Perbedaan kota dan desa

Pengertian Desa

Desa adalah perwujudan atau kesatuan goegrafi,sosial, ekonomi, politik dan kultur yang terdapat ditempat itu (suatu daerah). Sebuah desa didefinisikan sebagai komunitas kecil atau sekelompok rumah di daerah pedesaan. Dengan demikian, kehidupan desa dapat didefinisikan sebagai hidup dalam komunitas kecil atau sekelompok rumah di daerah pedesaan.

 

Keuntungan dan Kerugian Kehidupan Desa

Sebuah desa tenang dan sejuk, dan kita dapat menghabiskan dekat dengan gaya hidup alam di desa. Kelimpahan keindahan alam dan sumber daya merupakan salah satu manfaat kehidupan desa. Sebuah desa tidak secara teknologi dikembangkan seperti kota, dan orang-orang yang tinggal di desa tidak mendapatkan kesempatan untuk menggunakan banyak fasilitas. Mereka menghadapi kesulitan dalam mendapatkan bahkan fasilitas dasar seperti obat-obatan dan pendidikan.

 

Namun, orang yang tinggal di kota sering ramah dan ramah. Mereka berhati hangat dan siap untuk saling membantu.

 

Pengertian Kota

Kota adalah suatu pemukiman yang cukup besar, padat dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya. Kota sering digambarkan sebagai daerah besar dan padat penduduk. Oleh karena itu, kehidupan kota hidup di daerah berpenduduk besar, berteknologi maju. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 54% dari populasi dunia tinggal di daerah perkotaan pada tahun 2014.

 

Keuntungan dan Kerugian Kehidupan Kota

Sebuah kota secara teknologi lebih maju dan kompleks daripada pedesaan. Karena itu, ada banyak keuntungan dalam hidup di kota. Teknologi membuat hidup kita mudah di kota. Kota-kota memiliki banyak fasilitas seperti rumah sakit berkualitas tinggi, lembaga pendidikan, bank, toko, dan lembaga bisnis lainnya. Ini membuat hidup kita mudah karena kita dapat mengakses fasilitas yang disediakan oleh lembaga dan organisasi ini tanpa penundaan. Selain itu banyak peluang kerja tersedia di kota ini karena banyak lembaga bisnis utama, pabrik-pabrik berlokasi di sini. Kehidupan kota juga memberi kita akses ke fasilitas infrastruktur yang dikembangkan seperti air, listrik, telekomunikasi dan fasilitas transportasi.

 

Namun, kita juga bisa melihat perbedaan dalam perilaku orang-orang yang tinggal di kota. Penduduk kota cenderung lebih sibuk, ambisius dan jauh dibandingkan dengan penduduk desa.

 

Perbedaan Antara Desa dan Kota

Definisi

Desa: Desa adalah perwujudan atau kesatuan goegrafi,sosial, ekonomi, politik dan kultur yang terdapat ditempat itu (suatu daerah).

 

Kota: Kota adalah suatu pemukiman yang cukup besar, padat dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya.

 

Wilayah

Desa: Wilayah desa cenderung lebih luas di banding kota.

 

Kota: Wilayah kota cenderung lebih sempit di banding desa.

 

Kepadatan Penduduk

Desa: Desa mempunyai jumlah penduduk yang lebih sedikit.

 

Kota: Kota mempunyai jumlah penduduk yang lebih banyak dan beragam.

 

Karakteristik Penduduk

Desa: Masyarakat di desa lebih mengutamakan kebersamaan, dan gotong royong.

Kota: Masyarakat kota lebih individualis dan juga realis.

 

Lingkungan

 

Desa: Lingkungan pedesaan lebih terasa menyatu dengan alam, tidak tercemar polusi, udaranya sangat bersih, sinar matahari yang cukup dan lain-lain.

 

Kota: Lingkungan kehidupan perkotaan yang rata-rata dilapisi beton serta aspal, gedung-gedung yang menjulang sangat tinggi serta pemukimaan penduduk yang padat.

 

Mata pencaharian

Desa: Masyarakat desa kebanyakan bermata pencaharian dibidang agraris atau nelayan.

 

Kota: Masyarakat kota memiliki mata pencaharian yang lebih variatif.

 

Infrastruktur

Desa: Infrastruktur di desa biasanya lebih tertinggal di bandingkan infrastruktur kota.

 

Kota: Infrastruktur di kota biasanya lebih baik.

 

Transportasi

Desa: Di desa dominan menggunakan alat transportasi yang belum modern.

 

Kota: Di kota menggunakan alat transportasi modern.

 

Bahasa

Desa: Penduduk desa berbicara dalam bahasa lokal mereka.

 

Kota: Penduduk kota berbicara dalam bahasa lokal dan nasional

 

Kesimpulan

Desa dan kota umumnya memiliki perbedaan yang sangat segnifikan. Mulai dari segi geografis, ekonomi, status sosial, sampai kebudayaannya. Tetapi ternyata juga memiliki hubungan sosial yang tinggi. Hal ini di bukatikan dari hubungan dalam pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

 

Desa dan kota bersifat ketergantungan, karena diantara mereka saling membutuhkan. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan bahan pangan seperti beras, sayur-mayur, daging dan ikan. sementara desa membutuhkan produk-produk industri perkotaan untuk kelangsungan hidup. Seperti alat transportasi, perkembangan teknologi, sarana kesehatan, guru pengajar atau pendidik dan sebagainya.