Simak Berikut Ini Penjelasan Perbedaan sosialisasi dan penyuluhan

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas perbedaan sosialisasi dan penyuluhan

perbedaan dari sosialisasi dengan penyuluhan, tentunya penting untuk mengetahui arti dari masing-masing kata tersebut.

Sosialisasi sendiri menurut KBBI memiliki tiga arti:

1. usaha untuk mengubah kepemilikan pribadi menjadi milik negara,

2. proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungannya, dan

3. upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal, dipahami, dihayati oleh masyarakat.

Dalam konteks hubungannya dengan penyuluhan, tentu sosialisasi yang dimaksud adalah upaya memasyarakatkan sesusatu sehingga menjadi dikenal, dipahami, dihayati masyarakat.

Sementara itu, penyuluhan sendiri berarti proses, cara perbuatan menyuluh–memberi penerangan dan/atau petunjuk.

Orang yang memberikan penyuluhan disebut penyuluh. Tugasnya adalah memberikan petunjuk teknis mengenai sesuatu. Misalnya dalam penyuluhan pertanian, seorang penyuluh bertugas memberikan panduan teknis mengenai tata cara becocok tanam yang efektif agar mendapatkan hasil panen yang maksimal. Penyuluhan sendiri biasanya melibatkan seorang instruktur atau pemandu, untuk memberikan berbagai macam arahan kepada peserta penyuluhan.

Setelah mengetahui definisi dari dua kata tersebut, kita kemudian dapat membedakan sosialisasi dengan penyuluhan. Pada dasarnya, baik sosialisasi dan penyuluhan memiliki maksud dan tujuan yang sama, yaitu membuat orang lain/masyarakat mengenali dan memahami sesuatu. Namun dalam prosesnya, sosialisasi bersifat lebih umum dan lebih luas. Sosialisasi tidak hanya tentang memberikan petunjuk teknis, seperti yang dilakukan oleh seorang instruktur/pemandu kepada peserta penyuluhan, namun juga dapat menggunakan cara lain. Bahkan iklan di televisi dan sebuah laman juga bisa disebut salah satu bentuk sosialisasi. Sedangkan penyuluhan adalah salah satu bentuk dari sosialisasi yang memiliki teknis dan tata cara yang lebih spesifik.

Simpulan: Sosialisasi memiliki sifat yang lebih umum, tidak terikat tata cara, dan targetnya relatif lebih luas. Sedangkan penyuluhan memiliki maksud yang lebih spesifik, melibatkan instruktur dan sekelompok kecil masyarakat.