Simak Mengenai Istilah Letak Geografis

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Letak Geografis

Istilah Letak Geografis

geografis adalah suatu bidang ilmu yang khusus mempelajari mengenai lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi.

Pendapat lain mengatakan definisi geografi adalah studi tentang ciri-ciri fisik bumi dan atmosfernya, dan aktivitas manusia yang mempengaruhi dan dipengaruhi, termasuk distribusi populasi dan sumber daya, penggunaan lahan, dan industri.

Secara etimologis, istilah “geografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata “geo” yang artinyai bumi, dan “graphien” yang artinya pencitraan. Sehingga geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi.

Secara umum geografi dibagi menjadi beberapa cabang. Mengacu pada pengertian geografi di atas, adapun beberapa cabang geografi adalah sebagai berikut:

  1. Biogeografi, yaitu bidang ilmu yang mempelajari tentang disitribusi organisme di permukaan bumi.
  2. Paleontologi, yaitu ilmu yang mempelajari mengenai sejarah kehidupan di bumi, termasuk kehidupan tumbuhan, hewan di jaman prasejarah yang telah menjadi fosil.
  3. Hidrologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang distribusi, pergerakan, siklus, sumber daya, dan kualitas air yang ada di seluruh bumi.
  4. Hidrogeologi, yaitu cabang dari hidrologi yang fokus mempelajari tentang pergerakan air di dalam tanah dan batuan pada kerak bumi.
  5. Oseanografi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari semua hal yang berhubungan dengan lautan.
  6. Geologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi secara khusus, mulai dari komposisi, struktut, sifat fisik, dan proses pembentuknya.
  7. Geokimia, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai komposisi kimia yang merupakan bagian dari bumi.
  8. Geomorfologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk lahan dan proses yang mengakibatkan pembentukan lahan.
  9. Geofisika, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi dalam kaitannya dengan prinsip-prinsik fisika.
  10. Mineralogi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mineral, mulai dari sifat kimia, struktur kristal dan fisika dari mineral tersebut.
  11. Petrologi, yaitu cabang dari geologi yang fokus mempelajari tentang batuan dan kondisi pembentukannya.
  12. Vulkanologi, yaitu ilmu yang mempelajari mengenai gunung berapi, magma, lava, dan fenomena geologi yang berhubungan.
  13. Demografi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai penduduk, mulai dari komposisi penduduk hingga jumlah penduduk suatu wilayah.
  14. Antropologi, yaitu ilmu yang mempelajari mengenai manusia, khususnya tentang ciri-ciri, warna kulit, bentuk fisik, masyarakat, dan kebudayaan manusia.
  15. Astronomi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang benda-beda langit di luar atmosfer bumi. Misalnya bintang, bulan, matahari, dan ruang angkasa.
  16. Geografi Matematik, yaitu cabang geografi yang berhubungan dengan perkiraan ukuran, bentuk, serta gerakan bumi.
  17. Geografi Historik, yaitu cabang geografi yang mempelajari tentang sejarah dan perkembangan bumi.
  18. Geografi Regional, yaitu cabang geografi yang khusus mempelajari wilayah atau kawasan tertentu di bumi.
  19. Geografi Politik, yaitu cabang geografi yang secara khusus melakukan pengkajian mengenai kondisi politik untuk kepentingan negara secara geografis.