Simak Mengenai Istilah Identifikasi

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Identifikasi

Istilah Identifikasi

Identifikasi adalah kecenderungan dalam diri individu untuk menjadi sama dengan individu lain. Individu yang menjadi sasaran identifikasi dinamakan idola. Perilaku, sikap, keyakinan, dan pola hidup yang menjadi idola akan melembaga bahkan menjiwai para pelaku identifikasi sehingga sangat berpengaruh terhadap pembentukan dan perkembangan kepribadiannya

Bentuk-bentuk identifikasi yang terdapat didalam kehidupan masyarakat antara lain:
    • Identifikasi Kelas (class identification), adalah indentifikasi pada kelas sosial tertentu.
    • Identifikasi defensif (defensive identification), adalah identifikasi yang timbul karena rasa takut.
  • Identifikasi perkembangan (developmental identification), merupakan identifikasi hasil hubungan positif dengan pihak lain, dimana pihak yang mengadakan identifikasi pada mulanya sangat tergantung pada pihak lain.
  • Indentifikasi etnik (ethnic identification) adalah identifikasi terhadap kelompok etnis tertentu.
Contoh identifikasi, misalnya: seorang remaja mengidentifikasikan dirinya dengan seorang artis terkenal yang ia kagumi. Kemudian, ia akan berusaha mengubah penampilan dirinya agar sama dengan artis idolanya itu, mulai dari model rambut, pakaian, gaya bicara, bahkan sampai makanan kesukaan.
Proses indentifikasi dapat berlangsung dengan sendirinya (tanpa disengaja) maupun dengan kesadaran penuh. Indentifikasi terjadi karena seseorang memerlukan tipe-tipe ideal tertentu dalam proses hidupnya. Walaupun dapat berlangsung tanpa disengaja, proses indentifikasi biasanya terjadi dalam suatu keadaan dimana seseorang yang mengidentifikasi benar-benar pihak lain (yang menjadi idealnya) sehingga pandangan maupun sikap yang ada pada pihak yang menjadi idealnya dapat menjiwainya.