Simak Mengenai Istilah Ideologi

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Ideologi

Istilah Ideologi

Ideologi adalah kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang sifatnya sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Ada yang menganggap pengertian ideologi adalah visi yang komprehensif, sebagai cara pandang terhadap semua hal secara umum dan beberapa arah filosofi yang diajukan oleh kelas dominan pada seluruh anggota masyarakat.

Istilah ideologi sangat erat hubungannya dengan berbagai bidang kehidupan manusia, diantaranya:

  • Politik (Hukum, Pertahanan dan Keamanan)
  • Sosial
  • Kebudayaan
  • Agama

Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Destutt de Tracy, seorang filsuf asal Perancis. Secara etimologis kata “Ideologi” berasal dari bahasa Perancis, yaitu:

  • Idéo yang artinya ide, cita-cita, melihat, memandang.
  • Logie yang artinya logika atau rasio.

Sehingga arti ideologi dapat juga didefinisikan sebagai seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Jenis-Jenis Ideologi

Sebenarnya ada banyak sekali ideologi di dunia ini, namun ada beberapa jenis ideologi yang cukup populer. Berikut ini adalah beberapa jenis ideologi tersebut:

1. Ideologi Kapitalisme

Gagasan utama dalam kapitalisme adalah kebebasan individu untuk melakukan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi ini, negara tidak diperbolehkan untuk ikut campur dalam upaya memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang.

2. Ideologi Liberalisme

Gagasan utama dalam liberalisme adalah kebebasan individu dan menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

3. Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme merupakan hasil pemikiran Karl Marx. Karl Marx menyusun suatu teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

4. Ideologi Sosialisme

Gagasan utama dari ideologi ini adalah kesetaraan sosial dimana pemerintah memiliki peran dominan atas individu. Dalam ideologi sosialisme, tidak ada pengakuan atas hak milik pribadi.

5. Ideologi Nasionalisme

Gagasan utama dari paham Nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

6. Ideologi Feminisme

Gagasan utama feminisme adalah perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.

Fungsi Ideologi Secara Umum

Suatu ideologi dapat dipelajari, diformulasikan, hingga dimasukkan dalam tataran abstrak di dalam pikiran dan jiwa manusia. Ideologi akan menjadi landasan berpikir dan cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa fungsi ideologi:

  • Menjadi pemandu tindakan sosial individu di masyarakat.
  • Menjadi sumber inspirasi norma dan nilai sosial.
  • Menjadi panduan bagi individu dalam menemukan identitas dirinya.
  • Memberikan motivasi bagi individu dalam menggapai tujuan hidupnya.