Simak Mengenai Istilah Indera

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Indera

Istilah Indera

Pengertian Panca Indera

Panca Indera adalah organ tubuh yang di bisa menerima segala macam jenis rangsangan tertentu. Panca indera adalah alat untuk mengenal dunia lingkungan sekitar kia. Pada manusia mempunyai 5 alat indera yaitu :
a. Mata. Sebagai indera penglihatan.
b. Telinga. Sebagai indera pendengaran
c. Hidung. Sebagai indera pembau/penciuman
d. Lidah. Sebagai indera pengecap
e. Kulit. Sebagai indera peraba

Sistem saraf yang ada dalam organ tubuh tersebut harus menerima dan juga memproses informasi mengenai dunia luar untuk bereaksi, berkomunikasi, serta menjaga tubuh tetap sehat juga aman. Saraf tersebut menyalurkan sinyal ke otak, yang kemudian menafsirkannya ialah sebagai penglihatan, suara (pendengaran), penciuman, rasa (gustasi), serta sentuhan (persepsi taktil).

Macam-Macam Panca Indera

Berikut ini adalah macam-macam panca indera :

Panca Indra mata

Mata merupakan indera yang berfungsi untuk melihat melihat. Banyak sekali yang bisa dilihat oleh mata, misalnya lingkungan sekitarnya dalam bentuk gambar, sehingga dengan mata tersebut dapat mengenali benda-benda yang ada di sekitaranya dengan cepat. Mata merupakan indra penglihat yang menerima sebuah rangsang yang berupa cahaya (fotooreseptor). Tambahan mata tersusun atas bola mata, otot bola mata, dan saraf optik II yang mempunyai fungsi untuk melindungi mata dari gangguan disekitarnya. Alis mata ini fungsinya untuk dapat melindungi mata dari keringat, sedangkan pada kelopak mata untuk melindungi mata dari adanya benturan dan pada bulu mata itu berfungsi untuk dapat melindungi mata dari cahaya yang kuat, debudan kotoran.