Simak Mengenai Istilah Infertilitas

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Infertilitas

Istilah Infertilitas

Infertilitas

  • Menurut dunia medis Infertilitas adalah istilah yang di gunakan untuk menyebut pasangan yang belum mempunyai anak walaupun sudah berhubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi dalam kurun waktu satu tahun (diah, 2012: www.jurnalbidandiah.blogspot.com).
  • “Infertilitas adalah kegagalan dari pasangan suami-istri untuk mengalami kehamilan setelah melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, selama satu tahun” (Sarwono dalam diah, 2012: www.jurnalbidandiah.blogspot.com).
  • “Infertilitas (kamandulan) adalah ketidakmampuan atau penurunan kemampuan menghasilkan keturunan” (Elizbeth dalam diah,2012: www.jurnalbidandiah.blogspot. com).
  • “Ketidaksuburan (infertil) adalah suatu kondisi dimana pasangan suami istri belum mampu memiliki anak walaupun telah melakukan hubungan seksual sebanyak 2—3 kali seminggu dalam kurun waktu 1 tahun dengan tanpa menggunakan alat kontrasepsi jenis apapun” (Djuwantono,2008).
  • Sedangkan Baradero, dkk (2006) menjelaskan bahwa “Infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil dalam waktu satu tahun.”
  • Maka dapat disimpulkan bahwa Infertilitas berarti tidak terjadinya fertilisasi (Pembuahan ) pada organ reproduksi wanita, yaitu tidak terjadinya proses peleburan antara satu sel sperma dan satu sel ovum yang sudah matang.

Jenis-Jenis Infertilitas

Djuwanto, dkk., (2008) mengemukakan bahwa secara medis, infertilitas dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Infertilitas primer

Berarti pasangan suami-istri belum mampu dan belum pernah memiliki anak setelah 1 tahun berhubungan seksual sebanyak 2—3 kali per minggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk apapun.


  • Infertilitas sekunder

Berarti pasangan suami-istri telah atau pernah memiliki anak sebelumnya, tetapi saat ini belum mampu memiliki anak lagi setelah 1 tahun berhubungan seksual sebanyak 2—3 kali per minggu tanpa menggunakan alat atau metode kontrasepsi dalam bentuk apapun.