Simak Mengenai Istilah Jurnal

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Jurnal

Istilah Jurnal
Kata jurnal umum berasal dari bahasa Perancis yaitu (Jour) yang berarti hari. Jurnal umum adalah buku harian atau formulis khusus yang digunakan untuk mencatat semua aktivitas transaksi secara kronologis dan sesuai urutan tanggal. Dengan mencantumkan nama transaksi, kelompok akun, dan nominal di kolom kredit atau debit.

Pemakaian jenis buku jurnal disesuaikan berdasarkan kebutuhan setiap perusahaan, sehingga jangan heran ketika perusahaan satu dengan perusahaan lainnya melakukan pembukuan jurnal yang berbeda-beda.

Dasar pemilihan buku jurnal mempertimbangkan faktor efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Bagi kamu yang ingin membuat jurnal, kamu perlu mengetahui prinsip dasar pembuatannya sehingga lebih memudahkan dalam proses pembuatannya. Apa saja? berikut ini yang Yuksinau.id dapat:

  • Melaksanakan identifikasi bukti transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Diantara contohnya yaitu kuitansi, memo, nota, faktur dan sebagainya.
  • Memilih akun yang terpengaruh dengan transaksi yang terjadi dan membaginya dalam jenis mode, hutang, atau harta.
  • Memilih penambahan atau pengurangan atas akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan.
  • Memilih debit atau kredit akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan. (kuasai terlebih dahulu cara menentukan debit-kredit di suatu akun).
  • Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum sesuai dengan bukti transaksi.

Fungsi Jurnal Umum

Fungsi Historis

Setiap transaksi dilakukan secara kronologis, berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi. Jurnal menggambarkan kegiatan perusahaan secara berurutan dan terus menerus setiap harinya.

Fungsi Mencatat

Jurnal umum harus mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan, jangan sampai ada yang tidak tercatat. Tiap perubahan modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan mesti dicatat terlebih dahulu ke dalam jurnal umum, supaya pembuatan keuangan perusahaan bisa lengkap.

Fungsi Analisis

Menunjukkan bahwa pencatatan jurnal ini merupakan hasil dari analisa yang berupa debit dan kredit akun yang terkait beserta jumlah atau nominalnya. Analisis ini menyangkut pembagian nama akun, pencatatan dalam debit maupun kredit beserta jumlahnya.