Simak Mengenai Istilah katabolisme

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah katabolisme

Istilah katabolisme

Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi dalam organisme, termasuk yang terjadi pada tingkat sel. Secara umum, metabolisme memiliki jalur dua arah reaksi organik kimia, katabolisme, yaitu reaksi dari Molekul yang memecah senyawa organik untuk mendapatkan anabolisme energi yaitu reaksi senyawa organik merangkai molekul tertentu, untuk diserap oleh sel-sel tubuh .

Arah kedua metabolisme jalur yang diperlukan untuk setiap organisme untuk bertahan hidup. Arah ditentukan oleh jalur metabolik senyawa yang dikenal sebagai hormon, dan dipercepat (katalis) oleh enzim. Dalam senyawa organik, memutuskan arah reaksi kimia disebut promoter dan percepatan reaksi kimia yang menentukan apa yang disebut katalis.

Pada setiap arah metabolisme, reaksi kimia yang melibatkan substrat enzim yang bereaksi dengan tingkat katalis reaksi untuk menghasilkan senyawa antara, yang merupakan substrat reaksi ke tingkat berikutnya. Reagen kimia secara keseluruhan yang terlibat dalam reaksi disebut tingkat metabolome. Semua ini dipelajari dalam cabang biologi yang disebut metabolomik.

Sejarah Metabolisme

Eksperimen terkontrol dalam metabolisme manusia pertama kali diterbitkan oleh Santorio Santorio pada tahun 1614 dalam bukunya Ars de statica medecina yang membuatnya terkenal di Eropa. Dia menggambarkan serangkaian percobaan dilakukan, yang melibatkan dirinya dengan berat di kursi tergantung pada skala besar (lihat gambar) sebelum dan sesudah makan, tidur, bekerja, hubungan seksual, puasa makan atau minum, dan buang air besar.