Simak Mengenai Istilah Lambung

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Lambung

Istilah Lambung

Lambung ialah salah satu dari suatu organ pencernaan makanan pada manusia. Lambung berfungsi untuk menyimpan suatu makanan untuk sementara dan mengolah suatu makanan tersebut agar bisa masuk ke usus kecil. Lambung mempunyai pH = 2 sehingga bersifat sangat asam, sifat ini berfungsi agar lambung bisa menghancurkan suatu makanan dan membunuh mikroorganisme asing yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah dinding lambung disusun oleh 3 jenis otot, yaitu terdiri dari otot melingkar, memanjang, dan menyilang, sehingga padaa saat otot-otot lambung ini berkontraksi akan terjadi gerakan memutar makanan yang disebut gerakan peristaltik.

Bagian-bagian Lambung

1. Kardia

Kardia ialah suatu wilayah pertama dari sebuah lambung yang terletak dibawah/setelah kerongkongan. karena itu, makanan akan memasuki kardia ketika meninggalkan kerongkongan melalui sfingter esofagus bagian bawah.

2. Fundus

Fundus yaitu Dalam sebuah anatomi lambung, itu ialah bagian paling atas. Dimana suatu gas dihasilkan Ketika pencernaan kimia terjadi di lambung,. Gas-gas ini akan terakumulasi dalam fundus. Selain itu, fundus juga dapat menyimpan suatu makanan yang tidak tercerna selama sekitar satu jam.

3. Korpus

Korpus ini ialah suatu wilayah utama lambung yang terletak di pusat organ, dan disinilah sistem pencernaan kimia makanan terjadi.

4. Pilorus (lubang antara perut dan usus)

Pilorus ialah bagian yang menghubungkan lambung ke usus kecil. pilorus Ini ialah bagian di mana suatu makanan dikumpulkan dan dicerna sebelum memasuki sebuah usus kecil melalui sfingter pilorus.

Fungsi Lambung

  • Lambung berfungsi untuk sebagai garis pertahanan pertama dalam sistem kekebalan tubuh. Karena lambung mengandung asam klorida, yang membantu untuk membunuh sebuah bakteri dan virus yang dapat masuk dengan makanan yang Anda makan.
  • Untuk menyerap beberapa ion, air, dan beberapa senyawa larut lemak, yang seperti alkohol, aspirin, dan kafein
  • Untuk memproses dan mengubah suatu protein menjadi pepto
  • Suatu lemak yang sudah masuk ke dalam tubuh akan dicerna di dalam lambung
  • Untuk membekukan susu dan untuk mengeluarkan kasein
  • Semua makanan yang kita konsumsi akan dicairkan dan dicampurkan dengan sebuah asam hidroklorida. Jika proses tersebut telah dilaksanakan, maka usus akan siap mencerna suatu cairan-cairan yang datang dan sudah diproses oleh lambung tersebut.