Simak Mengenai Istilah Latar Belakang

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Latar Belakang

Istilah Latar Belakang
Latar Belakang adalah dasar ataupun titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai apa yang ingin disampaikan”

Latar belakang yang baik adalah yang disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung.

Cara Membuat Latar Belakang

Beberapa hal yang terdapat pada latar belakang yaitu :

  • Kondisi ideal mencakup keadaan yang diharapkan terjadi. Kondisi ideal ini biasa dituangkan pada bentuk visi dan misi yang ingin diraih.
  • Kondisi faktualatau baku yang merupakan kondisi yang terjadi saat ini. menceritakan situasi yang menjadi keresahan atau masalah, hingga menjadi dasar dilakukan nya suatu penelitan maupun kegiatan yang dilatarbelakangi.
  • Solusi merupakan saran singkat atau penawaran penyelesaian pada masalah yang dialami sebelum melangkah lebih lanjut ke pokok bahasan.

Selain itu, latar belakang dapat juga mengandung perbandingan dan penyempurnaan atas tulisan mengenai topik yang sama sebelumnya. Oleh karena itu latar belakang adalah salah satu bagian penting dalam penulisan suatu karya tulis.

Isi Latar Belakang

Poin-poin maupun isi latar belakang masalah yang lebih spesifik seperti berikut ini:

  1. Suatu alasan rasional & esensial berdasarkan dengan data, fakta, maupun referensi yang ada. Alasan tersebut dipakai untuk acuan ketertarikan dari sang peneliti.
  2. Gejala-gejala yang ada di lapangan yang lalu memunculkan permasalahan untuk selanjutnya diteliti lebih lanjut.
  3. Adanya permasalahan yang kompleks & pelik yang muncul jika dibiarkan begitu saja serta tidak secepatnya dicari solusinya.
  4. Pendekatan yang ditinjau pada segi teoritis yang bertujuan untuk mengatasi masalah.

Selain itu, latar belakang Masalah juga bisa mengacu pada krisis ideologi, social, ekonomi, politik, budaya, keamanan, dan pertahanan. Latar belakang masalah ditutup memakai kalimat kunci yang intinya menekankan pentingnya masalah itu untuk secepatnya diteliti. Selain itu, juga di bahas apa saja akibat jika penelitian itu tidak secepatnya diteliti.

Banyaknya halaman pembuatan latar belakang masalah yaitu proporsional. Hal ini tergantung dengan jumlah halaman semua proposal penelitian ataupun laporan penelitian. Yang harus diingat yaitu latar belakang masalah tak boleh melebihi banyaknya halaman dari bab bab lainnya. Selain pada bab terakhir, karena bab ini hanya menyertakan saran dan juga kesimpulan saja.

Hingga, sebelum kamu menentukan judul suatu penelitian, peneliti harus menentukan suatu masalah yang nantinya akan di teliti. Dengan masalah itu, kamu bisa menjadikannya sebagai latar belakang masalah kenapa diangkat judul tersebut. Yakni judul yang selanjutnya akan diteliti oleh peneliti.

Contoh Latar Belakang

Latar Belakang Pengaruh Perpustakaan di Sekolah terhadap Mutu Pendidikan

Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan pola berpikir manusia.