Simak Mengenai Istilah Lembaga

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Lembaga

Istilah Lembaga

Lembaga adalah institusi atau pranata yang di dalamnya terdapat seperangkat hubungan norma-norma, nilai-nilai, dan keyakinan-keyakinan yang nyata dan berpusat kepada berbagai kebutuhan sosial serta serangkaian tindakan yang penting dan berulang.

Penggunaan istilah lembaga atau institusi cukup sering kita dengar sehari-hari di masyarakat dan sering dikaitkan dengan organisasi, sosial, masyarakat, formal, dan informal.

Pada umumnya penggunaan kata lembaga tidak bisa dipisahkan dengan istilah lain yang berhubungan dengan organisasi, sosial, masyarakat, karena merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi.

Unsur-Unsur Kelembagaan

Mengacu pada beberapa definisi lembaga yang disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa unsur-unsur kelembagaan atau institusi:

  1. Lembaga atau Institusi merupakan landasan untuk membangun tingkah laku sosial masyarakat
  2. Norma tingkah laku yang mengakar dalam masyarakat dan diterima secara luas untuk melayani tujuan bersama yang mengandung nilai tertentu dan menghasilkan interaksi antar manusia yang terstruktur
  3. Peraturan dan penegakan aturan/ hukum
  4. Aturan dalam masyarakat yang memfasilitasi koordinasi dan kerjasama dengan dukungan tingkah laku, hak dan kewajiban anggota
  5. Kode etik
  6. Kontrak
  7. Pasar
  8. Hak milik (property rights)
  9. Organisasi
  10. Insentif untuk menghasilkan tingkah laku yang diinginkan