Simak Mengenai Istilah Makalah

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Makalah

Istilah Makalah

makalah dan sistematikanya. Bagi kalian yang slalu diberikan tugas membuat sebuah makalah disekolah ataupun dikampus, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis karya tulis ini. Tapi apakah kalian sudah mengetahui dengan benar apa arti dari makalah dan cara atau sistematika penulisannya? Jika kalian ingin memperdalam pengetahuan mengenai makalah dan juga bagi yang belum mengetahuinya, dapat kalian pahami penjelasannya dibawah ini:

A. Apakah itu makalah?

Yang dimaksud dengan makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang membahas tema tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan. Atau makalah dapat didefenisikan sebagai karya tulis yang membahas suatu permasalahan sebagai hasil dari kajian pustaka atau di lapangan. Makalah umumnya slalu membahas mengenai permasalahan dengan analisis yang sangat objektif, dan biasanya makalah slalu dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa.

B. Beberapa ciri-ciri makalah

Adapun ciri-ciri dari makalah yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Merupakan hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan tentang suatu permasalahan yang terjadi.
  • Mendemostrasikan pemahaman teori maupun kemampuan untuk menerapkan prosedur-prosedur yang ada kaitannya dengan permasalahan.
  • Untuk menunjukkan kemampuan tentang pemahaman teori maupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun makalah.
  • Dan untuk mendemontrasikan kemampuan dalam menyusun berbagai macam sumber informasi untuk menyelesaikan permasalahan.

C. Jenis-jenis makalah

Bedasarkan sifatnya makalah dibagi menjadi 3 (tiga) jenis yang diantaranya yaitu:

a. Makalah induktif

Merupakan makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan data-data empiris yang sifatnya objektif, berdasarkan apa yang sudah didapatkan di lapangan dan tetap relevan dengan permasalahan yang dibahas.

b. Makalah deduktif

Merupakan makalah yang didasarkan pada kajian-kajian yang teoritis dan juga relevan dengan permasalahan yang dibahasnya.

c. Makalah campuran

Merupakan makalah gabungan antara makalah induktif dan deduktif. Jadi makalah ini ditulis berdasarkan kajian-kajian teoritis dan data-data empiris. Adapun beberapa jenis makalah campuran diantaranya seperti:

1. Makalah ilmiah

Merupakan makalah yang membahas permasalahan hasil dari studi ilmiah dan biasanya isi makalah ini berdasarkan pendapat penulis yang bersifat subjektif.

2. Makalah kerja

Merupakan makalah yang bisanya ditulis berdasarkan dari suatu penelitian dan dapat memungkinkan penulis makalah akan berargumentasi dari masalah yang dibahas yang didapatkannya dari proses penelitian, sehingga pendapat atau opininya slalu bersifat subjektif.

3. Makalah kajian

Merupakan makalah yang ditulis sebagai sarana untuk memecahkan suatu permasalahan yang sifatnya kontroversial (yang dapat menimbulkan perdebatan).

4. Makalah tanggapan

Merupakan makalah yang biasanya ditulis sebagai reaksi terhadap suatu bacaan dan biasanya makalah ini sering ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas kuliahnya.

5. Makalah posisi

Makalah yang ditulis atas permintaan dari suatu pihak, yang biasanya berfungsi sebagai alternatif pemecahan permasalahan yang kontroversial dan juga prosedur-prosedur penulisan dari makalah ini dilakukan secara ilmiah.