Simak Mengenai Istilah Legenda

Pada artikel kali ini kang darus akan membahas Istilah Legenda

Istilah Legenda

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang memiliki cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Legenda sering dianggap sebagai sejarah kolektif. Meskipun, karena tidak tertulis maka kisah tersebut mengalami distorsi sehingga sering jauh berbeda dengan kisah aslinya.

Legenda adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungan dengan tokoh sejarah serta dibumbui dengan keajaiban, kesaktian dan keinstimewaan tokohnya.

Ciri-Ciri Legenda

Adapun ciri khas atau karakteristik legenda, diantaranya yaitu:

  • Dianggap sebagai kejadian yang benar-benar terjadi
  • Bersifat sekuler atau keduniawian
  • Tokoh legenda umumnya manusia
  • Sejarah kolektif yaitu sejarah yang banyak mengalami distorsi karena berbeda dari cerita aslinya.
  • Bersifat Migration atau berpindah-pindah.
  • Bersifat siklus, maksudnya menceritakan tokoh pada zaman tertentu.

Jenis-Jenis Legenda

Adapun macam-macam jenis legenda, diantaranya yaitu:

  • Legenda Keagamaan

    Legenda orang-orang suci Nasrani, orang saleh, para wali penyebar agama Islam. Salah satu misalnya cerita-cerita mengenai wali sanga di Jawa yang banyak sekali berkembang di masyarakat.

    Selain itu juga terdapat pula peninggalan mereka yang berupa makam maupun disebut keramat. Berkaitan jenis legenda ini jika anda perhatikan pengelompokan yang sering dilakukan oleh Rusyana dkk, salah satunya termasuk pada kelompok legenda keagamaan ini, yakni dimana legenda penyebaran agama Islam.

  • Legenda Kegaiban

    Legenda kegaiban ini menceritakan tentang suatu kepercayaan pada alam gaib. Contoh legenda kegaiban diantaranya Kisah Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Pantai Selatan.

  • Legenda Perseorangan

    Legenda yang akan bercerita mengenai tokoh-tokoh tertentu yang akan dianggap oleh yang empunya cerita benar-benar terjadi. Legenda golongan ini bila kita cermati atau juga kita bandingkan dengan pengelompokan legenda menurut Rusyana dkk, maka akan termasuk pada kelompok yang ke 2 yaitu legenda pahlawan pembangunan masyarakat atau budaya.

    Keduanya ini sering disebut demikian dengan pertimbangan bahwa kedua kelompok tersebut dapat bercerita mengenai tokoh maupun juga orang yang telah melakukan sesuatu yang sampai sekarang masih dianggap kebenarannya oleh masyarakat kebanyakan.

  • Legenda Setempat

    Legenda atau cerita yang berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat ataupun juga bentuk tofografi, yakni dimana bentuk permukaan suatu daerah, apakah berbukit-bukit, berjurang atau yang lain sebagainya.

    Legenda setempat ini merupakan dimana golongan legenda yang paling banyak jumlahnya. Seperti yang telah di jelaskan di atas, hal yang sangat terpenting bagi penelitian sejarah, tradisi lisan bukan kebenaran faktanya.

    Untuk dapat mencari kebenaran faktanya sangatlah sulit, apalagi sumber-sumber tertulis, karena kemungkinan pada awal pertama kali ceriita-cerita itu akan dikenal di masyarakat, belum mengenal tradisi menulis.