Penjelasan ciri karbohidrat

Pada artikel kali ini kang Darus akan membahas tentang penjelasan lengkap, Ciri dari karbohidrat, Yu simak

KARBOHIDRAT yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Terdiri atas unsur C, H, O dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O. karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan dan binatang yang berperan struktural & metabolik. sedangkan pada tumbuhan untuk sintesis CO2 + H2O yang akan menghasilkan amilum/selulosa, melalui proses fotosintesis, sedangkan Binatang tidak dapat menghasilkan karbohidrat sehingga tergantung tumbuhan. karbohidrat merupakan sumber energi dan cadangan energi, yang melalui proses metabolisme.

Ciri Dari Karbohidrat

Biasanya karbohidrat terkandung dalam sejumlah besar makanan yang dikonsumsi seseorang. Dimana karbohidrat ini dapat ditemukan pada nasi, buah-buahan, kentang, dan juga pasta. Untuk lebih mengenal dan mengetahui makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, maka ada baiknya apabila kita melihat Ciri-ciri Karbohidrat yang bisa kitaa lihat sebagai berikut.

1. Mengandung serat

Serat merupakan ciri utama yang dimiliki oleh karbohidrat. Dimana serat ini tidak dapat dicerna oleh manusia dan sebagain besar serta adalah dalam bentuk karbohidrat. Pembagian serat diantaranya serat yang dapat larut dan tidak dapat larut. Serat larut adalah jenis serat yang mampu larut di dalam air yang dapat membentuk larutan kental. Sementara serat tidak larut adalah kebalikan dari jenis serat yang larut yang menempati saluran di dalam usus. Contoh dari serat larut biasanya meliputi permen dan pectin. Sedangkan serat tidak larut dapat ditemukan pada selulosa dan lignin.

2. Merupakan gula sederhana

Ciri kedua dari karbohidrat adalah merupakan gula sederhana. Dimana gula sederhana ini meliputi glukosa, galaktossa, dan fruktosa. Fruktosa dapat ditemukan pada buah, galaktosa ditemukan pada susu. Dan keduanya dapat dikonversi menjadi glukosa oleh organ hati. Glukosa menjadi sumber energy dalam tubuh. Pada saat gula sederhana terbentuk secara bersama-sama, maka mereka akan menjadi disakarida. Contoh dari disakarida yaitu sukrosa, maltose dan laktosa. Dimana maltose biasa ditemukan pada biji-bijian, sukrosa pada buah-buahan dan laktosa pada susu.

3. Karbohidrat kompleks

Selain adanya serat dan gula sederhana, karbohidrat dapat dicirikan dengan adanya karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks terdiri dari rantai gula yang terkait bersama-sama, contohnya adalah Amilosa. Rantai karbohidrat komplek mempunyai cabang paca gula tersebut yang dapat memperlambat pencernaan. Apabila rantai karbohidrat kompleks dihidrolisis dan dapat menghasilkan panjang rantai sekitar 2 hingga 10 unit, maka mereka disebuts ebagai oligosakarida. Namun, jika yang diproduksi 11 atau lebih disebuts ebagai polisakarida.

Fungsi Karbohidrat

Secara umum karbohidrat memang menjadi sumber energy, akan tetapi apabila diamati lebih jauh karbohidrat mempunyai fungsi yang bermanfaat untuk tubuh. Fungsi-fungsi dari karbohidrat tersebut, diantaranya meliputi:

1. Sebagai sumber energy

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa karbohidrat merupakan sumber energy utama tubuh. Selain itu, memiliki fungsi dan peran utama sebagai pasokan energy tubuh, dimana setiap gramnya mengandung 4 kalori.

2. Cadangan energy dalam hati dan otot

Fungsi yang kedua, karbohidrat yang ada didalam tubuh manusia sebagiannya terdapat pada darah sebagai glukosa untuk sebuah energy tubuh. tidak hanya terdapat apda darah, karbohidrat juga terdapat dalam hatidan jaringan otot yang nantinya akan diubah menjadi sebuah glikogen dan dan sebagiannya akan diubah menjadi lemak. Penyimpanan sebagian karbohidrat sebagai lemak tersebut disimpan didalam sebuah jaringan otot yang memiliki fungsi sebagai cadangan energy manusia.

3. Dapat memperlancar pencernaan

Dikarenakan karbohidrat memiliki ciri yaitu mengandung serat, maka fungsinya mampu memperlancar pencernaan. Fungsi karbohidrat sebagai memperlancar pencernaan atau peristaltic usus dan memudahkan pembuangan feses. Selain memperlancar pencernaan juga berfungsi dalam membuat rasa kenyang untuk waktu yang cukup lama, karena mengandung serat yang cukup banyak.

4. Sebagai pemanis alami

Ketika kita mengunyah nasi, dimana nasi tersebut merupakan salah satu jenis sumber karbohidrat maka lama kelamaan akan terasa manis. Hal ini dikarenakan karbohidrat berfungsis ebagai pemberi rasa manis alami pada suatu makanan khususnya pada jenis disakarida dan monosakarida.

Nah, itulah ulasan mengenai Ciri-ciri Karbohidrat yang beberapa diantaranya mungkin belum terlalu kita ketahui. Maka dari itu, setelah penjelasan tersebut ada baiknya jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat secukupnya dan tidak berlebih sebagai sumber energy yang cukup.