Penjelasan ekpansi, Dunia sosial

kata ekpansi artinya suatu upaya untuk bertambah dalam segi ukuran, jumlah, maupun kepentingan. Dengan kata lain, istilah “ekspansi” merujuk pada suatu tindakan membuat suatu hal bertambah besar atau meningkat.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ekspansi memiliki beberapa definisi, tergantung pada bidang ilmu atau konteks yang dibahas. Berikut penjelasan arti ekspansi menurut KBBI;

  • Ekonomi: ekspansi adalah proses perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi.
  • Fisika: ekspansi adalah proses pemuaian (khususnya gas dan uap), pada gas terjadi ekspansi bila dipanaskan.
  • Politik: Ekspansi adalah proses perluasan wilayah suatu negara dengan menduduku (sebagian atau seluruhnya) wilayah negara lain; perluasan daerah.

Arti Ekspansi Dalam Ekonomi dan Bisnis

Sebelumnya telah dijelaskan apa itu ekspansi, baik pengertiannya secara umum maupun pada beberapa bidang ilmu. Nah, bagi para pebisnis pemula tentunya perlu memahami istilah ini, mulai dari pengertian dan jenis ekspansi dalam bidang ekonomi dan bisnis.

A. Ekspansi Ekonomi

Secara umum, arti ekspansi dalam bidang ekonomi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha.

Mengacu pada kamus Bank Indonesia, ekspansi ekonomi adalah perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur. Dalam hal ini, pola konjungtur merupakan proses naik-turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yang terjadi secara silih berganti.

Biasanya perkembangan ekonomi tersebut ditandai dengan adanya kenaikan harga-harga, peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat, peningkatan produksi, serta peningkatan konsumsi.

B. Ekspansi Bisnis

Secara umum, pengertian ekspansi dalam bisnis merujuk pada berbagai aktivitas untuk memperbesar atau memperluas jaringan usaha suatu perusahaan, baik dari sisi produksi maupun dari sisi distribusi.

Untuk melengkapi penjelasan mengenai ekspansi dalam bisnis, maka kita perlu merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Menurut OJK, pengertian ekspansi adalah suatu aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain. Ekspansi juga dapat didefinisikan sebagai peningkatan aktivitas ekonmi dan pertumbuhan dunia usaha.

Jenis Ekspansi Dalam Bisnis
Dalam bidang bisnis terdapat beberapa jenis ekspansi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan ringkas beberapa jenis ekspansi tersebut:

1. Merger
Merger adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan. Ini merupakan salah satu upaya ekspansi bisnis, dimana perusahaan yang dominan akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan perusahaan yang lemah akan semakin kabur identitasnya.

2. Akuisisi
Akuisisi adalah pengambilalihan (takeover) atas kepemilikan saham atau aset suatu perusahaan yang dilakukan oleh sekelompok investor. Jenis ekspansi ini biasanya dilakukan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar.

3. Hostile Take Over
Hostile Take Over adalah bentuk akuisisi terhadap suatu perusahaan yang dilakukan secara paksa. Upaya ekspansi ini dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar.

4. Leveraged Buy Out
Leveraged Buy Out adalah upaya menguasai suatu perusahaan dengan cara meminjam uang (utang) untuk membeli perusahaan lain.