Answer Ribosom, Yu simak

Ribosom adalah molekul yang sangat kecil yang fungsinya untuk membantu sel dalam membuat protein. Bahkan di bawah mikroskop, ribosom muncul sebagai titik-titik kecil, mengambang di sekitar sel serta beberapa yang melekat pada organel.

Di hampir setiap tempat yang Anda lihat dalam sel, Anda akan menemukan ribosom. Dalam sel tumbuhan dan hewan mereka melekat pada organel nukleus dan retikulum endoplasma.

Bahkan dalam sel bakteri Anda dapat melihat di sitoplasma dan melihatnya mengambang bebas.

Proses Sintesis Protein Ribosom

Pembuatan protein dalam sel sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Ribosom bekerja dengan berbagai bagian sel lain, termasuk nukleus, untuk membuat protein.

Ribosom menggunakan proses rumit yang disebut “terjemahan” untuk pembuatan protein, dan ini melibatkan pembuatan protein dengan asam amino.

Asam amino telah dibandingkan dengan “blok bangunan kecil” dan ribosom menempatkan blok bangunan ini dalam urutan yang benar sehingga produk jadi adalah protein.

Ribosom memiliki kemampuan untuk membaca dan kemudian menerjemahkan instruksi sehingga menempatkan blok bangunan asam amino bersama dengan benar untuk membuat protein mRNA. protein mRNA disebut protein “messenger” yang membawa urutan pengkodean ke sel.

Proses Translasi

Ada beberapa langkah berbeda yang diambil ribosom dalam proses “translasi” sehingga mereka dapat membuat protein. Jika Anda mengetahui sesuatu tentang pemrograman komputer, Anda akan melihat bahwa kami menggunakan jenis pengkodean file yang sama “mulai dan berhenti” yang digunakan oleh ribosom.

  • Utusan RNA bergabung bersama dengan dua subunit.
  • Ribosom menempatkan “kodon” pada RNA yang merupakan titik awal.
  • Bergerak menuruni RNA, ribosom membaca instruksi yang mengikat asam amino dengan protein, mencatat bahwa asam amino baru diwakili pada RNA dengan setiap 3 huruf.
  • Ribosom membangun protein dengan melampirkan asam amino.
  • Ketika RNA merasakan “kode berhenti”, RNA berhenti membangun protein dan mengirimkan pesan bahwa protein telah selesai dan siap.

Ribosom adalah salah satu organel yang berukuran kecil dan padat dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.
Ribosom adalah komponen sel yang membuat protein dari semua asam amino. Salah satu prinsip utama biologi, sering disebut sebagai “dogma sentral,” adalah DNA yang digunakan untuk membuat RNA, yang, pada gilirannya, digunakan untuk membuat protein.

Ribosom terbuat dari kompleks dari RNA dan protein. Ribosom dibagi menjadi dua sub unit, satu lebih besar daripada yang lain. Mengikat subunit kecil untuk mRNA, sedangkan mengikat subunit yang lebih besar kepada tRNA dan asam amino.

Subunit kecil:

subunit ini sebenarnya tidak memiliki ukuran yang terlalu kecil, hanya lebih kecil dibandingkan dengan subunit besar. Subunit kecil berguna untuk mengalirkan/menyampaikan informasi selama sintesis protein. Hal ini disebut dengan sebutan “40S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prkariotik.

 

Subunit besar:

subunit besar berisi sebuah lokasi/tempat dimana ikatan baru yang akan dibuat untuk membuat protein. Hal ini disebut dengan “60S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prokariotik
sedangkann Hruf “S” maksudnya adalah satuan ukuran dan singakatan dari unit Sverdberg.