Penjelasan Ciri Sitoskeleton

Secara struktural sitoskeleton terdiri dari tiga jenis serat, diklasifikasikan menurut ukurannya. Komponen Sitoskeleton ini adalah serat aktin, filamen menengah dan mikrotubulus. Masing-masing komponen sitoskeleton memberikan sifat spesifik ke jaringan. Interior seluler adalah lingkungan tempat perpindahan dan transit material terjadi. Sitoskeleton memediasi gerakan intraseluler ini.

 

Ciri-ciri Sitoskeleton

Sitoskeleton adalah struktur yang sangat dinamis yang mewakili “perancah molekul.” Tiga jenis filamen yang membentuknya adalah unit berulang yang dapat membentuk struktur yang sangat berbeda, tergantung pada cara di mana unit-unit mendasar ini digabungkan.

Jika kita ingin membuat analogi dengan kerangka manusia, sitoskeleton setara dengan sistem tulang dan, di samping itu, dengan sistem otot.

Namun, mereka tidak identik dengan tulang karena komponen dapat dirakit dan dihancurkan, yang memungkinkan perubahan bentuk dan memberikan plastisitas pada sel. Komponen sitoskeleton tidak larut dalam deterjen.

Fungsi Sitoskeleton

Sitoskeleton meluas ke seluruh sitoplasma sel dan mengarahkan sejumlah fungsi penting.

  • Ini membantu sel mempertahankan bentuknya dan memberi dukungan pada sel.
  • Berbagai organel seluler ditahan oleh sitoskeleton.
  • Ini membantu dalam pembentukan vakuola.
  • Sitoskeleton bukanlah struktur statis tetapi mampu membongkar dan memasang kembali bagian-bagiannya untuk memungkinkan mobilitas sel internal dan keseluruhan. Jenis pergerakan intraseluler yang didukung oleh sitoskeleton meliputi pengangkutan vesikel ke dalam dan ke luar sel, manipulasi kromosom selama mitosis dan meiosis, dan migrasi organel.
  • Sitoskeleton memungkinkan migrasi sel karena motilitas sel diperlukan untuk konstruksi dan perbaikan jaringan, sitokinesis (pembelahan sitoplasma) dalam pembentukan sel anak, dan dalam respon sel imun terhadap kuman.
  • Sitoskeleton membantu dalam pengangkutan sinyal komunikasi antar sel.
    Ini membentuk tonjolan seperti embel-embel seluler, seperti cili dan flagella, di beberapa sel.