Simak penjelasan Tekanan hidrostatis

Tekanan osmotik dan efek Gibbs-Donnan bekerja sama, menarik cairan dari jaringan intersti-tial ke dalam plasma, yang disebut sebagai tekanan osmotik koloid. Ketika tubuh merasakan jumlah abnormal rendah dari tekanan vena, arteri umumnya mengkompensasi dengan konstriksi. Ketika terjadi kerusakan pembuluh, plasma berisi jumlah cukup padat, atau penurunan tekanan arteri, maka edema, atau pembengkakan, terjadi.

Gaya dan tekanan

Dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda pasti telah mendengar dan menggunakan kata-kata gaya dan tekanan. Saat Anda bersandar pada dinding menggunakan tangan terbuka, Anda memberikan gaya pada dinding. Gaya ini tidak didistribusikan ke seluruh dinding, tetapi hanya di area di mana tangan Anda bersentuhan dengannya.

Hubungan antara gaya dan area (permukaan) tempat gaya diterapkan disebut tekanan. Oleh karena itu, gaya dengan intensitas yang sama dapat menyebabkan tekanan berbeda, tergantung pada area di mana ia diterapkan.

Anda dapat dengan mudah memeriksa perbedaan antara tekanan dan kekuatan dengan memegang pensil. Dengan meremasnya di antara jari-jari Anda, Anda mengerahkan seluruh pensil. Namun, Anda akan melihat rasa sakit yang lebih besar di jari di mana titik yang tajam. Ini berarti bahwa semakin kecil permukaan kontak (runcing bagian pensil), semakin besar tekanannya.

Tekanan dalam cairan

Dan dalam kasus cairan, bagaimana memahami efek tekanan? Tekanan air pada tingkat lubang tergantung pada ketinggian kolom air di atasnya: semakin besar ketinggian kolom cair, semakin besar tekanan yang diberikan. Kisaran jet air berkurang karena ketinggian kolom air berkurang.

Efek tekanan pada cairan terkait, misalnya, dengan pembangunan kapal selam dan pembangunan bendungan bendungan.

Saat kapal selam bergerak pada kedalaman yang berbeda di laut dan samudera, mereka harus dibangun untuk menahan tekanan air yang tinggi. Itu sebabnya mereka dibangun dengan struktur yang sangat tahan.

Bendungan bendungan memiliki dinding yang lebih lebar di bagian bawah daripada di bagian atas; bagian bawah dirancang untuk menahan tekanan yang lebih tinggi.