Pemahaman Orogenesis, beserta jenis

Orogenesis adalah pembentukan dan peremajaan pegunungan dan pegunungan dengan deformasi daerah yang terletak di litosfer benua. Bahan-bahan yang membentuk pegunungan menderita serangkaian deformasi yang menyebabkan perubahan di dalamnya.

Jenis orogenesis

Ada dua jenis orogenesis yaitu:

  • Orogenesis termal: Jenis orogenesis ini terjadi ketika satu lempeng tektonik menundukkan yang lain. Dalam proses ini serangkaian proses magmatik dan vulkanik terjadi sebagai konsekuensi dari tabrakan lempeng. Dengan demikian, orogenesis termal memiliki dua modalitas yang berbeda: 1) Lengkungan pulau: terdiri dari kepulauan, pulau vulkanik, dan parit. 2) Marginal ridges: terjadi ketika litosfer samudera di tepi benua menerobos subduksi.
  • Orogenesis mekanis: terjadi ketika lempeng tektonik menyeret satu bagian benua terhadap yang lain. Gaya-gaya yang mengintervensi proses ini bersifat horizontal dan mekanis dan proses vulkaniknya hampir nol. Subduksi lempeng diperlukan untuk proses berlangsung dan melibatkan fase orogenesis termal sebelum tabrakan benua terjadi.