Youtube Mempunyai sisi Negatif dan Positif Bagi Remaja Saat ini

Posted on

kangdarus.com – Youtube Mempunyai sisi Negatif dan Positif Bagi Remaja Saat ini,Media sosial juga berperan dalam membentuk cara berperilaku remaja. Kebanyakan di luar sana, apa yang dikonsumsi sehari-hari akan berpengaruh. Baik itu akibat positif maupun negatif yang dapat mempengaruhi cara berperilaku remaja dalam kehidupan sehari-harinya.

Siapa yang tidak tahu media sosial Youtube? Bahkan anak-anak kecil saat ini menyadari bahwa ia umumnya akan memiliki pilihan untuk menonton video yang menarik baginya. Youtube sendiri sudah naik daun sejak tahun 2015 lalu, ada lebih dari satu miliar pengguna. Dimana perhitungan ini hampir 33% dari pengguna web absolut.

Apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan Youtube bagi penggunanya? Tentunya banyaknya media sosial ini juga mempengaruhi kehidupan seseorang. Ada yang memanfaatkannya untuk menambah pengetahuan, ada pula yang menggunakannya secara negatif. Media sosial ini memang memiliki sisi positif dan negatifnya, jadi tergantung penggunaannya.

Bagaimana Youtube Mempengaruhi Perilaku Remaja?

Youtube Mempunyai sisi Negatif dan Positif Bagi Remaja Saat iniMedia sosial juga berperan dalam membentuk cara berperilaku remaja. Kebanyakan di luar sana, apa yang dikonsumsi sehari-hari akan berpengaruh. Baik itu akibat positif maupun negatif yang dapat mempengaruhi cara berperilaku remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dimanfaatkan dengan baik, tentunya akan kembali dengan hal-hal yang bermanfaat juga. Misalnya, ada remaja A yang terbiasa mendengarkan video-video inspiratif, tutorial membuat kerajinan, dan mengakses ilmu lainnya. Ia akan mendapatkan ilmu dari apa yang ia akses, tentunya hal ini akan mempengaruhi cara berperilaku dan tindakannya. Ia juga akan memiliki inspirasi yang lebih tinggi, karena secara konsisten ia mendengarkan kata-kata yang dapat mendorongnya.

See also  Inilah Desmond Wira Beberkan Tips Menghindari Penipuan Kripto

Berbeda dengan remaja B yang sering mengakses Youtube untuk kesenangannya sendiri, misalnya mengakses konten eksplisit. Tentu saja itu juga akan membawanya ke dalam perilaku. Media sosial sangat gratis, apa pun dapat diakses dengan mudah, tidak seorang pun kecuali pengguna dapat menyalurkan apa yang harus mereka hindari dan apa yang harus mereka cari.

Sisi Positif Menggunakan Youtube

Setiap media sosial pasti memiliki dampak positif dan negatif. Pada pembahasan kali ini, kami akan memaparkan sisi positif dari penggunaan YouTube bagi remaja. Berikut adalah ringkasan singkat untuk Anda ketahui.

1. Menambah Pengetahuan Baru

Youtube dapat membuat penggunanya menambah pengetahuan baru, jika digunakan dengan tepat. Karena di sini Anda dapat menemukan apa pun yang Anda inginkan dengan mudah dan akses cepat. Misalnya, ketika seorang remaja mendapat tugas dari sekolah yang dia tidak mengerti, dia bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah serupa melalui Youtube sebagai deskripsi video.

Jadi ada alasan kuat perlu menelepon atau meminta bantuan dari individu untuk datang ke rumah. Karena anak-anak bisa belajar melalui YouTube. Tidak hanya itu, ada banyak sekali pengetahuan baru di Youtube. Anda hanya perlu mencarinya di menu pencarian, maka akan muncul video klarifikasi yang benar-benar Anda inginkan.

2. Sebagai Sarana Hiburan

Tak hanya kaya akan ilmu, Youtube juga bisa dijadikan sarana pengalih perhatian yang menarik. Bahan-bahan berkualitas ini selain menambah ilmu di waktu senggang, juga bisa mendapatkan hiburan tentunya. Ada yang senang dengan satire, podcast, video musik, dan itu hanya puncak gunung es. Anda mungkin melacak film di sini.

Bisa dibilang youtube ini memiliki layanan yang sangat lengkap. Bagi Anda yang belum merasakan manfaatnya, cobalah mulai bermain YouTube untuk memiliki opsi mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat untuk lebih mengembangkan keterampilan dan menambah wawasan dengan pengetahuan baru.

See also  Simak Keterampilan Berpenghasilan Tinggi Untuk Dipelajari

3. Meningkatkan Kreativitas

Mengapa Youtube dapat meningkatkan kreativitas penggunanya? Seberapa banyak pengetahuan yang Anda dapatkan, bisa membuat pikiran lebih tercipta karena apa yang Anda lihat, dengar, dan pelajari akan masuk ke otak besar. Tanpa kita pahami, otak besar akan memproses semuanya, sehingga menumbuhkan minat dan pemikiran untuk membuat sesuatu yang inovatif sesuai dengan apa yang didapat melalui konten Youtube.

Sesederhana ketika Anda menonton konten DIY, pasti ada minat untuk membuatnya dengan kemampuan dan kreasi Anda sendiri. Sehingga hal ini dapat menimbulkan kreativitas. Anda juga bisa terinspirasi untuk menyajikan konten Youtube yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Jadi tidak hanya sebagai penonton, Anda juga bisa menjadi pembuat.

Sisi Negatif Menggunakan Youtube untuk Remaja

Tidak hanya memiliki sisi positif, Youtube juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya. Tidak hanya Youtube, media sosial lainnya juga memiliki sisi negatif dalam hal penggunaan yang berlebihan dan merosot. Bagaimana kalau kita lihat sisi negatif penggunaan Youtube untuk remaja.

1.Kurang Bersosialisasi
Penggunaan media sosial yang berlebihan terutama penggunaan Youtube dapat mempengaruhi tidak adanya sosialisasi pada anak. Mereka cenderung lebih sibuk fokus pada smartphone dengan substansi yang mereka lewati Youtube dibandingkan dengan interaksi dengan teman, keluarga, dan bahkan mungkin lesu untuk melakukan hal lain.

Ketiadaan sosialisasi ini bisa membuat keretakan antar teman bahkan keluarga. Tak hanya itu, mereka yang kini menjadi ketergantungan bisa menurunkan prestasi sekolah karena terlalu fokus pada pengalihan sehingga mereka sampai di tempat yang sulit untuk berkumpul di sekolah.

2. Ketidakpedulian terhadap Lingkungan
Ketidakpedulian terhadap lingkungan ini mematikan. Asyiknya bermain media sosial menjauhkan mereka dari lingkungannya, bahkan ada yang tidak mengingatnya. Dia berteman dan bermain pada dasarnya dan tidak terlalu peduli dengan orang-orang di sekitarnya.

See also  Bertikut Peluang Usaha dan Bisnis Online Yang Menjanjikan Ditahun 2022

Hubungan tegang antar individu pasti buruk. Jadi, pengguna media sosial harus mulai memiliki opsi untuk mengarahkan penggunaannya. Sehingga Anda tetap bisa bersosialisasi dengan baik dengan teman, tetangga, dan keluarga.

3. Pelecehan yang menyakiti diri sendiri
Menyalahgunakan Youtube dapat membuat Anda gagal. Pada awalnya, Anda hanya melihat, tetapi apa yang Anda lihat akan memasuki Anda. Sehingga dapat mempengaruhi pikiran dan tindakan. Jika itu positif maka itu sangat baik, tetapi jika itu adalah sesuatu yang negatif, itu benar-benar dapat melukai diri sendiri. Adalah normal untuk menemukan substansi eksplisit di Youtube.

Itulah klarifikasi singkat tentang dampak Youtube terhadap perilaku remaja. Beberapa orang yang menggunakan YouTube dengan baik pasti akan mendapatkan berbagai pengetahuan. Karena mereka dapat dengan mudah mengakses semuanya. Misalnya, jika Anda mengalami masalah dalam mengerjakan tugas, seorang remaja dapat mencari dukungan dengan mencari video instruktif di Youtube.