Berikut Pengertian Bandwidth: Contoh,Tips & Jenis,Mengoptimalkannya

Posted on

kangdarus.com – Berikut Pengertian Bandwidth: Contoh,Tips &Jenis,Mengoptimalkannya,Bandwidth adalah jumlah transfer maksimum yang dapat dilakukan selama proses pertukaran data. Kita sering mendengar konsep bandwidth, terutama ketika membahas topik VPS sebagai server pribadi virtual. Tapi apa sebenarnya arti dari bandwidth itu sendiri? Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang definisi bandwidth, fitur, cara kerjanya, contoh, dan tips memaksimalkan fitur bandwidth. Perlu Anda pahami bahwa bandwidth yang dibahas dalam artikel ini adalah bandwidth internet.

Definisi bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas yang tersedia pada kabel Ethernet, sehingga lalu lintas data paket dapat ditransmisikan hingga maksimum tertentu. Definisi lain dari bandwidth Internet adalah jumlah penggunaan data yang dihitung dalam satuan bit waktu per detik sebagai bps. Oleh karena itu bandwidth internet adalah kapasitas jalur komunikasi tertinggi, yang memungkinkan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Ada juga istilah bandwidth analog. Dimana bandwidth analog berarti perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz), yang tujuannya untuk menentukan data atau informasi yang akan dikirimkan secara bersamaan. Biasanya, bandwidth sama dengan lebar jalan raya. Sedangkan data bandwidth yang masuk sama dengan jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya. Jadi semakin kecil mobil yang lewat, semakin lancar lalu lintasnya.

Sementara itu, semakin banyak mobil yang lewat di jalan raya, kemacetan lalu lintas dan aktivitas mobil lain akan terhambat dan terpengaruh. Semakin lebar jalan (bandwidth), semakin banyak mobil yang dapat melintasi jalan tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika bandwidth menjadi salah satu pertimbangan banyak pengguna internet. Karena semakin tinggi bandwidth, semakin cepat pertukaran data. Selain itu, banyak data dapat melewati bandwidth secara bersamaan.

bandwidthJenis bandwidth

Pada pembahasan pertama, kita membahas beberapa hal yang berkaitan dengan konsep bandwidth. Namun pada kenyataannya, semuanya adalah produk digital. Karena internet bisa bekerja berkat transmisi sinyal digital. Sedangkan bandwidth juga hadir dalam sinyal analog. Untuk menghindari kebingungan, berikut adalah beberapa jenis bandwidth yang harus Anda ketahui.

1. Bandwidth analog

Bandwidth analog adalah ukuran rentang frekuensi dalam Hertz di mana sinyal dapat ditangkap secara akurat. Selain itu, bandwidth analog biasanya relatif lebih kecil daripada bandwidth digital.

2. Bandwidth digital

Bandwidth digital adalah jumlah pulsa per detik yang diukur dalam bit per detik atau bps. Jenis bandwidth ini menggunakan sinyal digital saat melakukan transmisi. Sementara itu, bandwidth digital sedikit lebih besar dan lebih lebar dari bandwidth analog.

Fungsi bandwidth

Sekali lagi, ada banyak fitur terkait bandwidth berdasarkan perannya di Internet. Jadi apa properti bandwidth? Di bawah ini adalah beberapa fitur bandwidth yang didistribusikan saat digunakan.

1. Media pengiriman data
Properti bandwidth pertama adalah ukuran media atau jalur data yang tersedia di komputer atau jaringan tertentu. Fitur ini hampir di mana-mana ada jaringan komputer. Bandwidth sendiri sangat berguna, terutama dalam hal distribusi jaringan. Bandwidth sering dijadikan sebagai salah satu kriteria bagi pengguna untuk memilih ISP atau penyedia layanan. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, semakin baik layanan yang ditawarkan

See also  100% pengembalian tahunan atas inventaris?

2. Kecepatan transfer data
Fitur kedua dari bandwidth adalah pembagi kecepatan data. Oleh karena itu, kecepatannya dapat didistribusikan secara merata ke semua pengguna. Distribusi ini juga digunakan sebagai media untuk mencegah pengguna berebut bandwidth. Jika tidak dibagikan, ada kemungkinan semua bandwidth dialokasikan ke jaringan yang digunakan hanya oleh satu pengguna, dan pengguna lain mungkin tidak menerima bandwidth. Misalnya saat mendownload file dari internet yang ukurannya cukup besar.

Ada banyak persyaratan data selama proses pengunduhan. Ini jelas membebani bandwidth jaringan. Jika ini tidak diblokir, koneksi pengguna lain akan lambat dan mereka tidak akan dapat terhubung lagi. Terutama mereka yang mengunduh dengan bantuan beberapa pengelola unduhan.

3. Atur jumlah data yang ditransfer
Terkadang administrator jaringan memberlakukan beberapa batasan pada data yang diakses atau diunduh dari Internet. Ini bertujuan untuk mengurangi lalu lintas tinggi dalam jangka panjang. Kehadiran lalu lintas yang padat juga dapat mengganggu stabilitas jaringan. Karena mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Sekarang ini adalah properti bandwidth, yang sebagian besar dapat memberikan gambaran umum untuk membantu Anda memahami apa itu bandwidth. Meskipun bandwidth sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kapasitas kabel Ethernet atau ukuran jaringan.

Cara kerja penggunaan bandwidth

Seperti disebutkan sebelumnya, bandwidth merupakan faktor penting dalam jaringan. Oleh karena itu, semua aktivitas dalam transfer data atau proses transfer tentu harus memiliki bandwidth ini. Bagaimanapun, tetapi apakah Anda tahu cara kerja bandwidth itu sendiri?

Adapun cara kerja bandwidth sebenarnya masih terkait dengan tiga fitur yang dijelaskan sebelumnya. Dimana kapasitas bandwidth yang besar dari suatu jaringan komunikasi dapat mempengaruhi kinerja jaringan secara signifikan. Namun jika terjadi intrusi selama proses berlangsung, maka banyak faktor yang dapat ditimbulkan, antara lain packet loss, latency, bahkan yang dapat menyebabkan bandwidth itu sendiri. Sebagian orang mengetahui bahwa bandwidth sebagai komponen berperan penting dalam pengiriman data melalui suatu jaringan. Dimana komponen ini harus dipertimbangkan kapasitas bandwidth yang tinggi, itu sangat penting. Hal ini untuk kelancaran proses transfer data. Misalnya, jika Anda mengunggah atau mengunduh file yang cukup besar, kapasitas bandwidth juga akan meningkat lebih cepat.

Contoh bandwidth komputer

Bandwidth dalam jaringan komputer berarti kecepatan jaringan untuk transmisi data yang dihitung per detik. Pengukuran kecepatan biasanya menggunakan bit per second. Misalnya, jika kita menggunakan koneksi jaringan area lokal (LAN), kecepatan transfer data akan mencapai 100 Mbps. Oleh karena itu, semakin besar bandwidth jaringan, semakin cepat data dapat ditransmisikan.

Ada dua jenis bandwidth di komputer Anda:

1. Bandwidth digital
Bandwidth digital adalah unit pengukuran yang ditransmisikan dalam bit per detik melalui jaringan yang dapat ditransmisikan tanpa gangguan melalui saluran komunikasi. Jenis bandwidth ini berguna untuk mentransmisikan informasi secara digital, melalui saluran kabel, atau tanpa kabel.

See also  Simak Berikut mengenai Perbedaan iodium dan yodium

2. Bandwidth analog
Pada prinsipnya bandwidth analog memiliki fungsi yang hampir sama dengan bandwidth digital. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah unit akun yang digunakan, yaitu Hertz.

Contoh bandwidth
Di bawah ini adalah beberapa contoh bandwidth yang dapat kita temukan di berbagai area dan industri.

Contoh total bandwidth

Secara umum kita dapat melihat berbagai contoh bandwidth dari layanan Internet hingga layanan penyedia server. Tidak hanya itu, bandwidth juga merupakan faktor umum dalam teknologi jaringan seperti telepon seluler. Bandwidth jaringan 4G jauh lebih tinggi daripada jaringan 3G. Saat ini, jaringan 5G memungkinkan lebih banyak bandwidth daripada kedua jaringan. Teknologi yang lebih baru sering kali memiliki bandwidth yang lebih tinggi karena bandwidth dapat mendukung kecepatan yang lebih tinggi.

Misalnya, bandwidth pada VPS

Anda juga dapat menentukan bandwidth dari server pribadi virtual atau VPS. Untuk beberapa layanan, Anda dapat menemukan contoh bandwidth VPS. Misalnya, layanan VPS dapat menyediakan bandwidth mulai dari 100 Mbps dengan total lalu lintas data 1 TB. Artinya, pengguna bus dapat mengakses server VPS dengan kecepatan 100 megabit per detik, yang setara dengan 12,5 Mbps. Semakin baik paket VPS, semakin banyak bandwidth yang tersedia bagi pengguna. Spesifikasi bandwidth VPS saat ini membantu pengguna meningkatkan aplikasi server. Karena VPS sering digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan trafik tinggi.

Contoh bandwidth hosting

Setelah memahami pengertian bandwidth dan jenis-jenisnya, kini Anda perlu memahami contoh-contoh bandwidth untuk lebih memahami diri sendiri. Selain kedua contoh bandwidth yang disebutkan di atas, masih ada contoh bandwidth lain yang sering kita jumpai saat hosting. Namun sebelum kita membahasnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu bandwidth. Bandwidth ini biasanya digunakan untuk mengatur jumlah data per satuan waktu. Pilihan bandwidth hosting juga beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membeli bandwidth dengan kecepatan tinggi, situs yang diunggah juga akan lebih cepat. Anda mungkin selalu mendengar tentang bandwidth tak terbatas yang sering ditawarkan oleh web hosting murah.

Tetapi bandwidth yang sangat tinggi sebenarnya dapat memakan banyak sumber daya server. Misalnya, memori dan hard disk. Jika ada perusahaan yang menyediakan banyak bandwidth, semakin besar kemungkinan Anda akan kehilangan atau kehilangan bisnis Anda. Karena jika pengguna menggunakan bandwidth terlalu banyak, maka akan mengakibatkan pihak yang bersangkutan didenda secara cuma-cuma.

Jadi berapa bandwidth yang dibutuhkan untuk web hosting setiap bulannya? Kebutuhan bandwidth akan sesuai dengan masing-masing individu. Jika Anda melakukan siaran langsung atau memiliki banyak file, 10 GB mungkin menjadi pilihan yang tepat. Contoh bandwidth yang tersedia untuk hosting adalah blog populer dengan 1000 pengunjung per hari dan 100kb untuk ukuran halaman. Dari jumlah tersebut, 8,5 GB per bulan sudah cukup untuk pemilik blog. Arti dari GB adalah Gigabyte. Jika Anda membeli 50 GB, itu mungkin tidak terlalu efektif. Namun, Anda dapat memilih ukuran 5 GB untuk bisnis menengah hingga kecil.

Berapa bandwidth untuk situs tersebut?

Berapa banyak bandwidth yang Anda butuhkan tergantung pada kebutuhan Anda dan lalu lintas ke situs Anda. Semakin tinggi interaksi di situs Anda, semakin banyak bandwidth yang Anda butuhkan. Tentunya juga perlu menyesuaikan anggaran keuangan perusahaan. Biasanya, jika kebutuhan situs Anda masih dalam tahap awal dan traffic masih rendah, maka bandwidth yang rendah masih cukup untuk Anda. Namun, jika Anda membutuhkan situs web yang lancar dengan lalu lintas tinggi dan juga untuk kebutuhan pengembangan Anda, Anda membutuhkan banyak bandwidth dan penyimpanan. Dengan begitu, kapasitas server yang besar juga akan Anda butuhkan.

See also  Simak Berikut mengenai Perbedaan etanol dan alkohol

bandwidthPerbedaan Bandwidth dengan Throughput

Throughput merupakan istilah yang diberikan kepada sejumlah data yang bisa dikirim dan diterima dalam waktu tertentu. Dengan kata lain, Throughput akan mengukur tingkat keberhasilan sebuah pesan sampai ke tujuannya. Hal tersebut merupakan ukuran yang praktis dalam mengirimkan paket aktual dibandingkan dengan pengiriman paket teoritis. Throughput pada dasarnya akan memberitahu pengguna tentang berapa banyak paket yang tiba di tujuan. Jumlah throughput sebagai bandwidth hampir sama, tetapi tidak terlalu jauh dari praktik. Analogi yang biasa digunakan untuk menggambarkan hubungan antara keduanya adalah dengan menganggap bandwidth sebagai pipa dan permeabilitas sebagai air. Semakin banyak pipa yang digunakan, semakin banyak air yang dapat mengalir melalui pipa.

Dalam sebuah jaringan, ini berarti besarnya bandwidth akan menentukan berapa banyak paket yang dapat dikirim dan diterima antar perangkat dalam satu waktu. Sedangkan jumlah pass akan memberitahu berapa banyak paket yang akan dikirimkan. Dengan kata lain, throughput dan bandwidth dapat didefinisikan sebagai berikut:

Transisi adalah istilah yang digunakan untuk seberapa banyak data yang dapat ditransfer dari sumber ke tujuan per jam.

Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk kapasitas transmisi jaringan.

Kiat pengoptimalan bandwidth

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari bandwidth Anda:

1. Gunakan QoS
Mobil pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan bandwidth adalah Anda dapat menggunakan QoS. Dengan QoS ini, Anda dapat mengarahkan lalu lintas ponsel untuk memprioritaskan pembukaan aplikasi atau layanan tertentu. Oleh karena itu, aplikasi yang tidak digunakan dapat ditutup sementara.

2. Menggunakan awan
Menggunakan cloud adalah cara cepat untuk mengoptimalkan bandwidth. Ia bekerja dengan mengarahkan sebagian lalu lintas ke jaringan pribadi. Dengan cloud, Anda juga dapat mengurangi beberapa tekanan jaringan. Itu juga dapat meningkatkan kinerja aplikasi yang Anda gunakan secara teratur.

3. Hilangkan aktivitas internet yang tidak perlu
Cara lain Anda dapat mengoptimalkan bandwidth adalah dengan menghilangkan aktivitas Internet yang tidak perlu. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan bandwidth kantor atau bisnis, Anda dapat mencegahnya dengan memblokir lalu lintas jaringan di situs tertentu, sehingga bandwidth dapat lebih efisien dan tidak terbuang percuma.