Begini Cara Beli ETH Ethereum di Binance 2022

Posted on

kangdarus.com – Bagaimana Anda bisa menjual ETH di Binance? Saya akan melihat cara mendaftar, KYC, setoran minimum, cara membeli dan menjual dan berapa jumlah biaya pertukaran Binance.

Binance adalah salah satu pertukaran crypto terbesar di dunia. Bahwa aman dan tidak ada penipuan untuk transaksi dengan broker kripto ini.

Langkah-langkah untuk membeli dan menjual Ethereum ETH dirangkum di bawah ini:

Begini Cara Beli ETH Ethereum di Binance 20221. Login ke Aplikasi dan Situs Binance

Untuk membeli dan menjual Ethereum ETH dan aset kripto, Anda harus masuk dan mendaftar di aplikasi atau situs web Binance.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play store. Anda juga dapat masuk dari situs web resmi.

2. Buka Akun di Binance

Persyaratan pertama adalah pendaftaran dan pembukaan rekening bursa. Prosedurnya sederhana.

Dalam ketentuan pembukaan akun, Anda harus mengisi nama, email, alamat dan menyetujui ketentuan perjanjian dan kebijakan privasi.

Anda dapat masuk melalui aplikasi seluler atau melalui situs web. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google PlayStore dan Apple Store. Semuanya berlangsung secara online. Tidak ada kertas untuk diisi, Anda juga tidak perlu tanda tangan basah.

3. Lakukan Verifikasi KYC

Setelah membuka akun, pengguna harus melanjutkan ke otentikasi KYC di Binance. Tanpa verifikasi ini, pengguna tidak akan dapat melakukan transaksi meskipun telah membuat akun.

Otentikasi KYC adalah proses penting untuk melindungi semua peserta Exchange dan untuk memastikan penerapan kebijakan AML (Anti-Pencucian Uang) yang tepat.

Proses verifikasi KYC terdiri dari mengunggah ID foto, mengisi informasi pribadi, mengambil foto selfie dengan gerakan normal dan gerakan acak. Memproses data KYC yang membutuhkan waktu minimal 1 hari kerja.

Verifikasi sering gagal. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memverifikasi adalah memastikan tidak ada akun bursa, memberikan informasi pribadi yang benar dan akurat, dan memberikan foto yang sesuai dengan ID Anda.

KTP harus asli dan harus jelas pada saat upload. Saat memotret, pastikan wajah Anda terlihat jelas tanpa mengenakan topi atau kacamata.

Saat melakukan selfie, pastikan wajah berada di tengah agar foto sesuai dengan wajah dan keaktifan foto, pengguna akan diminta untuk melakukan salah satu tindakan. Saat memotret jangan lupa terus bergerak selama 3 detik, jika tidak berhasil, coba lagi maksimal 3 kali, jika berhasil tekan tombol Finish dan tunggu konfirmasi melalui email.

4. Deposit Uang di Akun Binance

Lolos verifikasi, langkah berikutnya adalah melakukan deposit untuk bisa membeli ETH atau aset kripto lainnya di Binance.

Setelah akun terbuka, selanjutnya kita perlu mendeposit uang di akun Binance agar bisa melakukan transaksi Futures.

Menyetorkan uang di Binance gampang – gampang susah. Karena Binance tidak menerima transfer dari bank dalam mata uang rupiah atau US$.

Binance hanya menerima mata uang kripto. Orang sering menggunakan mata uang yang stabil seperti ETH untuk transaksi.

Bahwa di Binance, tidak seperti kantor pertukaran Indonesia, kami tidak dapat mentransfer mata uang fiat, seperti rupee atau US $, ke rekening bank Binance kami.

Ada dua cara untuk melakukan deposit Binance:

Kami pertama-tama mentransfer cryptocurrency dari dompet kami ke akun Binance terakhir kami.

Kami membeli ETH, misalnya, di bursa saham lokal Indodax atau TokoCrypto dengan rupee, dan kami kemudian mengirim ETH melalui jaringan blockchain kami ke dompet Binance kami.

Pastikan di bawah ini bahwa kita telah memasukkan alamat dompet dengan benar untuk menghindari kesalahan transfer. Hasil transfer uang dapat dilihat pada saldo di dompet.

Kedua, kita dapat membeli aset kripto berbasis P2P peer-to-peer langsung di Binance.

Bahwa melalui P2P ini kami membeli cryptocurrency ETH dari anggota lain yang menjual cryptocurrency dan menerima pembayaran melalui transfer bank dalam mata uang rupee atau USD seperti varian Fiat lainnya.

Untuk melakukan transaksi P2P, pilih P2P, klik ‘Beli’ dan pilih mata uang IDR IDR. Kemudian daftar orang yang menjual ETH akan muncul, diikuti oleh kurs rupee termurah. Ini adalah semacam kantor pertukaran di ekosistem cryptocurrency.

Selanjutnya kita akan memilih reseller, maka akan muncul nomor rekening transfer Rupiah. Disertai dengan jumlah minimum transaksi.

Ada juga batasan untuk transfer dan saldo akan bertambah setelah ETH dibayarkan.

5. Memilih Pair Aset ETH

Sebelum Anda dapat memulai transaksi, pengguna harus memilih pasangan atau pasangan yang ingin dia jual. Pair favorit adalah ETH to USDT, yang merupakan harga ETH ke USDT.

Pair ini sama dengan membeli mata uang asing, USD ke IDR, berapa rupiah harga 1 USD. Masih banyak pasangan lain.

Namun, pemula dapat memulai dengan pasangan ETH USDT sebagai aset kripto yang populer dan likuid saat ini. Semua exchange menyediakan pair ETH ini.

Setiap exchange, seperti Binance, memiliki banyak pilihan pair atau pasangan aset kripto. Kita harus memastikan bahwa aset kripto yang kita akan beli atau jual di perdagangan di exchange tersebut.

6. Jenis Order di Binance

Setelah semuanya siap, saatnya untuk memesan di Binance.

Untuk melakukan jual beli, pengguna harus melakukan pemesanan di aplikasi tukar atau di website.

Namun, pertama-tama kita harus memahami bahwa ada banyak varian pesanan Binance yang perlu Anda ketahui, karena jenis pesanan terkait dengan biaya yang harus dibayar.

(a) Limit (Maker)

Jenis pesanan ini dapat dimasukkan oleh pengguna pada harga tertentu, bukan pada harga pasar saat ini. Karena itu, pesanan tidak hilang.

Jika ditempatkan posisi jual, maka limit order ditempatkan pada harga yang lebih tinggi dari harga pasar, jika posisi beli ditempatkan pada harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Order yang ada akan dicantumkan dalam antrian order Beli/Jual (Order Book). Dengan cara ini, anggota menjadi pembuat pasar. Jenis tatanan ini disebut “pencipta” karena menciptakan tatanan baru. Berbeda dengan klien yang mengikuti harga pasar saat ini.

Order ini dieksekusi hanya ketika harga pasar bergeser untuk mencapai harga yang ditentukan dalam limit order. Transaksi tidak akan terjadi sampai harga berfluktuasi pada harga yang dipesan.

Exchange Binance tidak membebankan biaya untuk jenis pembuat pesanan ini. Tidak ada biaya untuk membeli dan menjual.

(b) Market (Taker / Instan)

Jenis order ini dapat dieksekusi langsung di bursa saham Binance karena memonitor posisi harga pasar saat ini. Jadi saat Anda membeli, Anda membeli pada harga pasar saat ini, saat Anda menjual, Anda menjual pada harga pasar saat ini.

Oleh karena itu, pesanan ini sering disebut dengan taker atau pesanan instan. Disebut Instan karena pesanan langsung berjalan sedangkan disebut penerima karena memerlukan harga pasar saat ini dan tidak dapat menghasilkan harga baru.

Jenis pesanan ini dikenakan biaya untuk pertukaran. Biaya pesanan biasanya merupakan persentase dari jumlah transaksi, dari 0,1% hingga 0,3%.

(c) Order Book

Buku pesanan adalah data yang disediakan dalam aplikasi pertukaran yang menunjukkan urutan pesanan yang saat ini tersedia dalam pertukaran untuk harga dan jumlah. Jika pesanan dibuat, itu dari buku pesanan.

Keuntungan dari buku pesanan adalah menunjukkan bagaimana harga pasar dan kedalaman jumlah pesanan bergerak. Anda dapat melihat informasi di buku pesanan untuk menetapkan harga yang wajar untuk pesanan yang Anda masukkan.

Tidak semua bursa menawarkan buku pesanan. Kita perlu memeriksa aplikasi Binance secara langsung untuk melihat apakah itu menyediakan buku pesanan atau tidak.

7. Minimum Transaksi ETH di Binance

Minimum transaksi untuk ETH ethereum sangat murah. Sebagian besar kantor pertukaran di bawah 100.000 IDR, yang setara dengan cryptocurrency.

8. Lakukan Beli Jual ETH di Binance

Proses pembelian ETH ether cepat. Dimulai dengan memilih pasangan yang ingin Anda beli dan jual.

Tempatkan pesanan Anda dengan memasukkan harga dan jumlah ETH yang ingin Anda beli, maka jumlah bitcoin atau mata uang kripto yang diperlukan akan muncul. Pilih jenis pesanan, apakah penerima atau produsen.

Anda juga dapat membayar aset kripto. Pilih saja pasangan yang tepat.

Sebagai pembeli, pesanan akan langsung dilakukan sesuai dengan harga pasar saat ini. Jumlah ETH yang dimiliki akan segera diperbarui dan jumlah deposit crypto akan berkurang sesuai dengan jumlah pembelian.

Pesanan tidak langsung diproses oleh produsen, tunggu sampai sesuai dengan harga yang diminta. Pesanan yang belum dipasangkan akan menunggu di buku pesanan.

Proses penjualan ETH sama seperti pembelian. Hanya sekarang, setelah eksekusi berhasil, deposit koin kripto bertambah dan kepemilikan ETH berkurang.

9. Tarik Uang, Withdraw WD, Cashout di Binance

Cryptocurrency dapat ditarik dari pertukaran Binance di akun pengguna. Prosedurnya sederhana, mengajukan permintaan untuk menarik diri dari kontrak.

Pengguna juga dapat memilih ETH yang dimiliki oleh Binance. Yang tersisa hanyalah memasukkan alamat pertukaran tempat ETH dikirim.

Pemilihan cryptocurrency membutuhkan waktu beberapa menit hingga 1 x 24 jam. Karena kantor tukar menggunakan jaringan perbankan untuk mengirim uang, kecepatan pengiriman juga ditentukan oleh proses perbankan.

Penarikan dikenakan biaya. Ada juga ketentuan penarikan minimum dan maksimum.

Setiap bursa memiliki kebijakan pemilihan yang berbeda.

Untuk penarikan cryptocurrency, beberapa membebankan persentase dari jumlah penarikan sebagai biaya tetap, terlepas dari jumlah penarikan yang dilakukan. Sementara, untuk penarikan aset crypto dikenakan biaya flat yang dibayar dari coin yang ditransfer.

10. Biaya dan Komisi Fee Transaksi di Binance

Exchange menerapkan sejumlah biaya dan fee dalam transaksi ETH, yaitu:

  • Jual Beli. Fee yang dihitung berdasarkan prosentase atas jumlah transaksi.
  • Penarikan. Fee untuk penarikkan uang ke rekening. Ada yang fee persentase, ada yang flat berapapun jumlah penarikkan
  • Deposit. Fee untuk deposit ke rekening exchange untuk bisa melakukan pembelian aset kripto.
  • Transfer. Aset kripto yang dimiliki bisa ditransfer ke exchange lain atau ke sesama anggota di exchange yang sama.

11. Transfer ETH

Aset Binance Crypto dan ETH dapat ditransfer ke bursa lain atau ke anggota asosiasi dalam satu bursa. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi alamat bursa yang ingin Anda tukarkan atau masukkan ID pengguna Anda untuk diserahkan ke bursa.

Alamat penukaran mata uang dapat berupa semacam nomor rekening saat mentransfer uang.

Transaksi Blockchain berlangsung maksimal 30 menit untuk ETH dan 5-10 menit untuk aset lainnya. Sangat mudah untuk melihat bahwa transaksi terjadi antar negara. Setiap pengiriman aset kripto dapat dipantau dengan melihat konfirmasi pemblokiran di blockchain dan di rantai dukungan. Setiap pertukaran memiliki batas minimum yang berbeda untuk menghubungkan blok untuk memverifikasi pengiriman aset kripto.

Tidak seperti deposit, yang biasanya gratis, penarikan Crypto-ETH dikenakan biaya. Dan untuk Crypto ETH ada ketentuan seleksi minimal dan maksimal satu hari.

12. Simpan ETH di Wallet

Bursa saham adalah tempat untuk menyimpan aset kripto. Sama halnya jika kita menyimpan uang di pasar saham.

Kami akan mendapatkan alamat sebagai gantinya. Alamat ini digunakan untuk mengirim atau menerima aset kriptografi.

Kami dapat menyimpan aset kripto di Binance, di mana dompet dikelola melalui pertukaran, atau kami dapat memiliki pertukaran sendiri. Kita harus memastikan keamanan bursa, karena barang kita disimpan di sana.

Semakin besar kepemilikan ETH atau aset kriptografi lainnya, semakin banyak perhatian harus diberikan pada masalah dompet ini. Kami ingin ETH aman.

13. Keamanan Transaksi

Exchange Binance mengimplementasikan 2FA (otentikasi dua faktor), yang merupakan fitur keamanan online di mana pengguna mengotentikasi 2 kali.

Saat masuk ke akun Exchange, setelah memasukkan ID pengguna dan kata sandi, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode khusus yang dikirim melalui SMS atau Google Authenticator di ponsel.

Metode ini memastikan bahwa setiap transaksi dikonfirmasi oleh pengguna di akun. Untuk membuka akun, Anda tidak hanya perlu mengetahui nama pengguna dan kata sandi Anda, tetapi juga memiliki akses ke ponsel.

14. Tool Analisa Trading Kripto ETH di Binance

Buat yang ingin fokus di trading, Binance menyediakan  berbagai fitur, yaitu:

  • Analisa chart untuk menganalisa harga secara teknikal, seperti histori transaksi (order dan trade).
  • Order Book yang menunjukkan posisi order yang ada saat ini. Informasi ini penting untuk menganalisa kemungkinan pergerakkan harga.
  • Stop Loss. Fitur cut-loss yang penting untuk mengelola resiko dari fluktuasi harga yang tajam
  • Short-Selling. Bisa melakukan short-sell ketika pasar sedang turun.
  • OCO, atau “One Cancels the Other” untuk menempatkan dua pesanan pada waktu yang sama, pesanan limit dan stop-limit, yang berguna untuk mengambil keuntungan dan meminimalkan potensi kerugian.