4 Khasiat Buah Kesemek yang Harus Anda Ketahui

Posted on

kangdarus.com – 4 Khasiat Buah Kesemek yang Harus Anda Ketahui

4 Manfaat Buah Kesemek yang Perlu Anda Ketahui – Ada berbagai macam manfaat buah kesemek yang bisa kita dapatkan berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya.

Jenis buah yang memiliki rasa dan permukaan yang khas ini juga dipercaya memiliki pilihan untuk membantu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa menurunkan risiko penyakit.

Buah kesemek atau sering disebut Diospyros kaki pertama kali ditemukan di China lebih dari ribuan tahun yang lalu.

Dari jenis buah ini memiliki penampilan buah yang cukup luar biasa, yaitu berwarna jingga seperti tomat dan memiliki rasa yang benar-benar manis seperti madu.

Meski buah ini tidak sepopuler buah-buahan lainnya, ternyata banyak sekali manfaat yang dibawa oleh buah kesemek yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam buah kesemek

Memang dalam kesemek juga terdapat beberapa macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:

  • Vitamin
  • Vitamin C
  • Pati
  • Serat
  • Mangan
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Magnesium
  • Fosfor
  • folat

Selain itu, buah kesemek juga mengandung berbagai antioksidan, seperti tanin dan flavonoid. Anda mungkin benar-benar menghargai kesemek dengan berbagai cara. yang dimakan langsung, atau dibuat salad buah.

Manfaat Kesemek untuk Kesehatan Tubuh

Tentunya berkat keragaman zat gizi di dalamnya, tidak heran jika buah kesemek memberikan banyak manfaat dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Memang, inilah beberapa manfaat kesemek yang ingin Anda ketahui. Kita harus melihat total data di bawah ini.

1. Tetap jaga kesehatan mata

Satu buah kesemek mengandung lebih dari satu porsi kebutuhan vitamin A. Selain itu, buah kesemek kaya akan antioksidan luetin dan zeaxanthin.

Kedua bahan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, dapat mempertajam penglihatan, dan mencegah berbagai jenis penyakit mata.

See also  Login Instagram Begini Cara Kerja-nya

2. Tetap jaga kesehatan jantung
Manfaat buah kesemek dalam menjaga kesehatan jantung saat ini berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan tanin yang tinggi.

Antioksidan ini terkenal memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan denyut nadi, serta mengurangi iritasi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko terkena pertumbuhan ganas

Selain memiliki kemampuan untuk mengurangi penyakit berbahaya, antioksidan saat ini juga berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas ini dapat memicu berbagai penyakit konstan, termasuk pertumbuhan ganas.

Tentu saja, berkat kandungan zat pencegah kanker beta-karoten di dalamnya, kesemek juga dipercaya memiliki pilihan untuk menghambat perkembangan dan penyebaran sel penyakit.

4. Tetap jaga kesehatan pikiran

Buah kesemek saat ini mengandung banyak antioksidan fisetin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak. Senyawa fisetin juga telah terbukti bekerja pada memori jangka panjang.

Tidak hanya itu, fisetin juga diketahui dapat mengurangi kerusakan otak akibat stroke. Terlebih lagi, fisetin juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh sehingga dapat mengurangi gejala depresi.

Akhir Kata

Demikian data yang dapat kami sampaikan kali ini tentang 4 Manfaat Buah Kesemek yang Perlu Anda Ketahui. Idealnya dengan penjelasan admin diatas dapat membantu mengurangi rasa penasaran anda.