5 Khasiat Dan Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

kangdarus.com – 5 Khasiat Dan Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Anda penggemar buah nangka? Jika ya, Anda termasuk yang beruntung karena bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dengan mengonsumsinya.

Ya, buah berwarna kuning ini memiliki rasa yang enak, karena itulah buah ini sering dicampurkan ke dalam kue dan minuman.

Lantas apa saja kandungan nutrisi dan manfaat buah nangka bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini, ya. Kandungan gizi buah nangka
Nangka merupakan jenis buah yang mudah ditemukan. Jadi, sayang sekali jika Anda melewatkan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah kuning ini.

Anda mendapatkan manfaat nangka bagi kesehatan berkat kandungan nutrisinya yang kaya. 100 gram nangka mengandung nilai gizi sebagai berikut:

  • Air: 70 gram
  • Nilai energi: 106 kkal
  • Protein: 1,2 g
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 27,6 g
  • Serat: 3,7 g
  • Kalsium: 20 miligram (mg)
  • Fosfor: 19 mg
  • besi: 0,9 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 407 mg
  • Tembaga: 246,58 mg
  • Seng: 1,4 mg
  • Beta-karoten: 149 mikrogram (mcg)
  • Total karoten: 330 mcg
  • Tiamin (vitamin B1): 0,07 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,10 mg
  • Niasin: 1 mg
  • Vitamin C: 7 mg

Manfaat buah nangka untuk kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa potensi manfaat nangka bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Melawan kanker

Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh meningkatkan potensi kerusakan sel, atau bisa juga disebut stres oksidatif. Jika Anda memilikinya, risiko Anda terkena penyakit serius seperti kanker akan terus meningkat.

Memiliki nangka, yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang dapat membantu Anda melawan kanker.

Pada dasarnya, nutrisi dalam nangka memiliki manfaat membantu tubuh melawan efek radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid, saponin dan tanin pada nangka juga memiliki sifat anti kanker.

See also  Khasiat Dan Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Di sisi lain, nangka yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan yang penting untuk pencegahan kanker payudara. Jadi jangan heran kalau nangka termasuk buah yang baik untuk membantu melawan kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan kalium nangka memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Pasalnya, American Heart Association (AHA) menyebutkan bahwa makanan yang kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung.

AHA juga merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi setidaknya 4.700 miligram potasium per hari. Saat Anda makan satu cangkir nangka, Anda mendapatkan 739 miligram potasium. Dengan kata lain, nangka membantu memenuhi kebutuhan kalium harian Anda.

Selain itu, sebuah studi tahun 2015 mengkonfirmasi bahwa nangka juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Semakin rendah tingkat LDL dalam darah, semakin rendah risiko serangan jantung atau stroke.

Pengetahuan tentang potasium (kalium) dan sumber nutrisinya bagi tubuh
foto penulis
lencana
Diperiksa secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro 9 November 2021

3. Menyembuhkan sistem pencernaan

Nangka memiliki manfaat dalam memperbaiki sistem pencernaan karena kandungan seratnya. Nutrisi ini berperan penting dalam mempercepat sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Padahal, ahli gizi menyarankan Anda untuk mengonsumsi serat setiap hari; 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Selain itu, 90% kandungan nutrisi buah ini terdiri dari karbohidrat kompleks.

Tak heran, buah ini sangat cocok untuk Anda makan saat diet penurunan berat badan.

Selain itu, buah nangka memiliki kandungan prebiotik. Para ahli meyakini bahwa nutrisi pada buah nangka yang satu ini dapat membantu pertumbuhan bakteri yang memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan.

See also  Viral Terbaru Toko Sembako di Penjaringan Hangus Terbakar Kamis Dini Hari

4. Mempercepat proses pemulihan luka

Nangka termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C, yaitu antioksidan yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini membuat Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga saat mengalami luka, proses pemulihannya akan lebih cepat.

Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen, yaitu protein yang penting untuk mempertahankan kesehatan kulit, tulang, pembuluh darah, dan tulang lunak. Nah, kolagen ini juga penting dalam proses penyembuhan luka.

Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian kecil pada tahun 2014 membuktikan bahwa buah nangka mengandung zat yang memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, dan anti jamur yang dapat membantu proses penyembuhan luka ini.

5. Menjaga fungsi penglihatan tetap baik

Buah nangka memiliki kandungan nutrisi yang mendukung kesehatan mata, termasuk beta karoten, vitamin A, Lutein, dan Zeaxanthin. Saat mengkonsumsi buah ini, tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A.

Vitamin A memainkan peran penting bagi mata, karena nutrisi ini mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Kemudian Lutein dan Zeaxanthin adalah karotenoid dengan jumlah tinggi yang tersimpan di retina. Kedua karotenoid menyaring cahaya berbahaya yang akan masuk ke mata.

Selain itu, kedua karotenoid ini melindungi dan menjaga fungsi sel mata. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah nangka yang kaya akan kandungan kedua karotenoid ini dapat menjaga fungsi penglihatan mata Anda tetap baik.

Buah nangka juga dapat mencegah berbagai masalah penglihatan seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

Itulah informasi tentang

5 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan.

Akhir Kata

Terimakasih untuk teman-teman yang telah membaca artikel ini semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.