5 Khasiat jeruk nipis yang Harus Ada Ketahui

Posted on

kangdarus.com – 5 Khasiat jeruk nipis yang Harus Ada Ketahui

Manfaat Jeruk Nipis Yang Harus Anda Ketahui. Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai suplemen dan sebagai penambah rasa dalam berbagai masakan seperti sup dan mie campur.

Aroma dan rasanya memang asam dan segar, itulah sebabnya air jeruk nipis sering digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan sebelum diolah.

Namun di luar itu, belum banyak yang mengetahui bahwa jeruk nipis memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Apakah ada sesuatu, bukan?

Fakta Nutrisi Lemon

Sebelum membahas manfaat jeruk nipis, Anda perlu mengetahui kandungan gizi jeruk nipis.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, 100 gram jeruk nipis mengandung berbagai nutrisi.

makronutrien

– Energi (Energi): 44 kalori

– Protein (Protein): 0,5 g

– Lemak (lemak): 0,2 g

– Karbohidrat (CHO): 10,0 g

– Serat: 0,4 gram

– Abu (abu): 0,4 g

Mineral

– Kalsium (Ca): 18 mg

– Fosfor (P): 22 mg

– Besi (Fe): 0,2 mg

– Natrium (Na): 3 mg

– Kalium (K): 108,9 mg

– Tembaga (Cu): 0,06 mg

– Seng (Zn): 0,1 mg

Vitamin dan Antioksidan

– Beta-karoten (karoten): 23 mikrogram

– Total Karoten (ulang): 4 mikrogram

– Tiamin (Vit. B1): 0,01 mikrogram

– Riboflavin (Vit. B2): 0,03 mikrogram

– Niasin (Niasin): 0,2 mikrogram

– Vitamin C (Vit. C): 20 mikrogram

1. Meremajakan kulit

Beberapa produk perawatan kulit mungkin mengklaim bahwa produk mereka dapat menyehatkan dan meremajakan wajah.

Namun, Anda tidak benar-benar harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki penampilan kulit Anda.

Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan dasar alami untuk perawatan kecantikan kulit. Pasalnya jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen.

See also  Berikut Spesifikasi Serta Harga Hp Vivo Y33t Terbaru 2022

Oleh karena itu, manfaat minum air lemon dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda. Sebaliknya, hindari mengoleskan jus lemon langsung ke kulit Anda. Paparan sinar matahari langsung setelah menggunakan jus lemon dapat menyebabkan phytodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah suatu kondisi di mana bahan kimia pada jenis tanaman tertentu menyebabkan sengatan matahari atau peradangan saat terkena sinar matahari. Akibatnya, area kulit tersebut terasa merah, gatal dan panas saat disentuh.

2. Ini memperkuat pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jus lemon dapat merangsang produksi enzim pencernaan.

Jika Anda menderita sembelit, sifat asam lemon dapat merangsang buang air besar Anda.

Ini memungkinkan makanan yang tersisa di perut didorong ke bawah dengan lebih mudah. Selain itu, minum jus kulit jeruk juga bisa membantu melancarkan buang air besar.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit seperti flu, pilek, dll.

Manfaat lemon yang membantu vitamin C juga meningkatkan produksi sel-sel sehat untuk menghancurkan mikroba patogen, sehingga memperpendek durasi penyakit. Buah jeruk jenis ini sangat dianjurkan agar Anda tidak mudah sakit.

4. membantu menurunkan berat badan

Banyak yang bilang kalau minum jus lemon sebelum melakukan diet bisa membuat berat badan turun, yaitu bisa menurunkan berat badan. Namun, apakah itu benar?

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Ini dapat membantu Anda membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari kulit jeruk juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, harus diingat bahwa dalam hal menurunkan berat badan, Anda tidak bisa hanya mengandalkan metode ini.

See also  Tips Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Mudah dan Cepat

Metode ini tidak akan banyak membantu upaya penurunan berat badan Anda. Anda harus aktif secara fisik untuk membakar lebih banyak kalori.

Berolahraga minimal 30 menit setiap hari dan tingkatkan konsumsi buah atau sayur.

5. Menjaga kadar gula darah

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga bermanfaat untuk diabetes. Orang dengan kondisi ini perlu menjaga kadar gula normal.

Penyebabnya adalah insulin yang bertanggung jawab untuk menurunkan gula darah tidak bekerja dengan baik.

Jeruk nipis rendah gula, sehingga dapat mengurangi penyerapan gula darah. Akibatnya, kadar gula darah tubuh Anda bisa lebih waspada.