Berikut Apa itu Fungsi Hati Manusia secara sederhana

Posted on

kangdarus.com – Berikut Apa itu Fungsi Hati Manusia secara sederhana,Berikut ini kang darus akan membahas belajar Bersama Artikel mengenai, Apa itu Fungsi Hati Manusia secara sederhana

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki tugas penting dalam tubuh manusia. Organ ini merupakan organ terbesar dalam tubuh.

Hati terletak di bagian kanan atas rongga perut, di bawah perut, atau lebih perut, ginjal kanan, dan usus.

Berbentuk seperti kerucut, hati adalah organ berwarna tanah kemerahan yang memiliki berat sekitar 3 kilogram.

Hati menampung sekitar satu liter (13%) suplai darah tubuh entah dari mana. Hati terdiri dari 2 lobus fundamental, dua di antaranya terdiri dari 8 segmen yang terdiri dari 1.000 lobus (lobus kecil).

Lobulus ini berhubungan dengan saluran kecil yang berhubungan dengan saluran yang lebih besar untuk membingkai saluran hati yang normal.

Saluran hati yang normal mengangkut empedu yang dibuat oleh sel-sel hati ke kantong empedu dan duodenum (bagian pertama dari usus kecil) melalui pipa empedu normal.

Fungsi Jantung Manusia

Berikut Apa itu Fungsi Hati Manusia secara sederhanaHati diklasifikasikan sebagai organ dengan banyak fungsi. Sulit untuk memberikan angka yang tepat, karena organ ini masih diselidiki, tetapi diperkirakan hati melakukan 500 peran yang berbeda. Berikutnya adalah beberapa fungsi dasar hati:

1. Memberikan Empedu
Empedu membantu usus kecil memisahkan dan menyerap lemak, kolesterol, dan beberapa vitamin. Empedu terdiri dari garam empedu, kolesterol, bilirubin, elektrolit, dan air.

2. Menyerap dan Memetabolisme Bilirubin
Bilirubin dibentuk oleh pemecahan hemoglobin. Besi yang dilepaskan dari hemoglobin disimpan di hati atau sumsum tulang dan digunakan untuk membentuk trombosit.

3. Mendukung Pembekuan Darah
Vitamin K diharapkan untuk produksi koagulan spesifik yang membantu pengelompokan darah. Empedu sangat penting untuk penyerapan vitamin K dan dibuat di hati. Jika hati tidak membuat empedu yang cukup, faktor koagulasi tidak dapat dikirim.

4. Metabolisme Karbohidrat
Karbohidrat disimpan di hati, di mana mereka dipisahkan menjadi glukosa dan dihisap ke dalam aliran darah untuk menjaga kadar glukosa yang khas.

See also  Persamaan Mengenai Logaritma

Karbohidrat disimpan sebagai glikogen dan dilepaskan setiap kali diperlukan energi yang cepat.

5. Penyimpanan Vitamin dan Mineral
Hati menyimpan vitamin A, D, E, K, dan B12. Dalam beberapa kasus, vitamin disimpan di hati untuk waktu yang lama sebagai cadangan.

Hati juga menyimpan zat besi dari hemoglobin sebagai feritin, yang disiapkan untuk membuat trombosit merah baru.

Selain menyimpan vitamin dan zat besi, hati juga berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melepaskan tembaga.

6. Membuat Protein
Organ ini bertanggung jawab untuk membuat protein, seperti putih telur, yang berfungsi untuk menjaga cairan dalam sistem peredaran darah tubuh.

Protein yang berperan sebagai faktor pengental darah dan sistem resistensi juga dikirim oleh hati.

7. Membantu Metabolisme Protein
Hati berperan dalam membantu metabolisme protein dengan mengubah garam yang berbau menjadi urea yang dikeluarkan bersama urin oleh ginjal.

8. Menyalurkan Darah
Hati menyaring dan membuang senyawa dari tubuh, termasuk hormon, seperti estrogen dan aldosteron, dan senyawa dari luar tubuh, termasuk minuman keras dan obat-obatan lainnya.

9. Fungsi Imunologis
Hati merupakan bagian dari sistem fagosit mononuklear. Ini berisi sejumlah besar sel Kupffer yang berhubungan dengan menjaga kekebalan.

Sel-sel ini akan menghancurkan agen penyebab penyakit yang mungkin masuk ke hati melalui usus.

10. Trigliserida dan Hormon
Hati bertanggung jawab atas pembentukan kolesterol dan trigliserida, serta protein pengangkutnya sehingga dapat diangkut dalam darah. Tak hanya itu, hati juga berfungsi menyalurkan zat kimia perkembangan untuk anak.

11. Membuat Albumin
Putih telur adalah protein yang paling terkenal dalam serum darah. Ini mengangkut lemak tak jenuh dan hormon steroid untuk membantu menjaga tekanan besar dan mencegah tumpahan vena.

See also  Simak Berikut mengenai Perbedaan fajar dan senja

12. Sintesis Angiotensinogen
Bahan kimia ini meningkatkan ketegangan peredaran darah dengan membatasi pembuluh darah ketika diperingatkan oleh pembentukan protein yang disebut renin di ginjal.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai Berikut Apa itu Fungsi Hati Manusia secara sederhana semoga dengan apa yang sudah di rangkum di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat semua.