Informasi Bitcoin akan Menghasilkan Emisi Nol Bersih pada Tahun 2024

Posted on
Informasi Bitcoin akan Menghasilkan Emisi Nol Bersih pada Tahun 2024kangdarus.com – Bitcoin sesuai dengan bekerja keras untuk mengurangi CO₂. Menurut perhitungannya sendiri, ini akan mencapai batas nol bersih paling lambat Desember 2024 jika perkembangan saat ini terus berlanjut.

Emisi nol bersih Bitcoin

Proses kontrak PoW rumit dan hemat energi saat menambang Bitcoin, yaitu menjaga agar blockchain tetap berjalan dan mengamankan transaksi baru, menjadi bahan perdebatan terus-menerus.
Oleh karena itu, investasi Bitcoin dilarang di banyak negara atau pembatasan terkait dibahas secara publik. Untuk beberapa waktu sekarang, banyak penambang Bitcoin telah menggunakan listrik dari sumber energi terbarukan dan alternatif. Ini memiliki efek positif, setidaknya dalam hal jejak CO₂. Jejak karbon penambangan Bitcoin telah menurun selama bertahun-tahun.
Meskipun harga penambangan netral Bitcoin masih naik 41% pada Maret 2021, keuntungannya kini telah meningkat menjadi sekitar 62,4%. Pada Maret 2023, tanda 72% harus dilewati. Pada Desember 2024, emisi CO₂ akan mencapai 100%.

Pencarian energi yang paling hemat saat mining Bitcoin

Penambang Bitcoin telah menemukan cara paling efektif dan termurah untuk mendapatkan energi atau listrik dalam upaya mereka untuk memaksimalkan keuntungan.

Boiler yang baik atau murah seringkali menggunakan energi limbah, seperti yang timbul dan beroperasi menggunakan gas alam dari produksi atau gas kilang, yang pada awalnya terbuang sia-sia. Itu juga dapat menggunakan biogas yang diproduksi di pabrik pengolahan limbah, yang di masa lalu dibakar.

Mengapa panas yang dihasilkan di pabrik air limbah sering digunakan tanpanya? Bahkan, itu adalah cara termurah untuk membuang biogas yang dihasilkan.

  • Jika Anda hanya membuang biogas ke lingkungan, Anda akan memasukkan sejumlah besar CO₂ dan metana ke lingkungan dan dengan demikian ke atmosfer.
  • Untuk memasok biogas ke jaringan pipa gas sebagai bahan bakar, itu harus diperkaya dengan kemurnian gas metana 95%. Ini bernilai terlalu mahal sehingga tidak menguntungkan secara ekonomi.
  • Agar dapat menggunakan biogas untuk pemanasan melalui pemanasan distrik, pabrik pengolahan limbah mesti dekat dengan bangunan tempat tinggal karena mengangkut panas melalui jarak yang lebih jauh menjadi tidak efektif.
Penggunaan biogas yang paling efisien adalah untuk menghasilkan listrik menggunakan mesin pembakaran internal atau turbin gas. Idealnya, listrik yang dihasilkan juga harus ditempatkan dekat dengan instalasi pengolahan limbah, karena jarak yang jauh menyebabkan kerugian transmisi. Di sinilah penambangan Bitcoin masuk karena komputer yang menghitung blockchain tidak peduli dengan polusi dari perusahaan limbah.

Cara Bitcoin mencapai batas emisi nol bersih

Nilai teoritis nol nol dapat diperoleh dengan menggunakan metode khusus dalam perhitungan. Dalam istilah praktis, produksi energi netral CO₂ sangat sulit dicapai. Faktanya, ketika energi matahari atau angin digunakan, CO₂ dihasilkan hanya melalui produksi tata surya atau CO₂ atmosfer.

See also  Memahami akuntansi sangat penting bagi pengusaha

Proses yang digunakan adalah biogas untuk menghasilkan listrik karena metana dalam biogas memiliki efek rumah kaca 84 kali lebih besar dari CO₂. Jika dilepaskan ke atmosfer, pembakaran metana menyumbang nilai CO₂ negatif.

Karena metana yang terbakar tidak dilepaskan ke udara, polusi gas rumah kaca berkurang. Dari sudut pandang ini, membakar metana tampaknya lebih baik daripada melepaskan metana ke atmosfer. Oleh karena itu, pembakaran metana dihitung dengan nilai CO₂ negatif. Oleh karena itu, pembakaran biogas dengan kandungan metana yang tinggi menghasilkan sinyal CO₂ negatif. Penambang Bitcoin memanfaatkan statistik ini untuk mencapai batas nol.