Tips & Cara Mendinginkan Laptop yang Cepat Panas Dengan Aman

Posted on

Tips & Cara Mendinginkan Laptop yang Cepat Panas Dengan Amankangdarus.com – Bagaimana Mendinginkan Laptop? Saat ini, berbagai kebutuhan seharusnya bisa dilakukan dengan menggunakan laptop mulai dari bekerja, mengedit, main-main dan lain-lain.

Yang pasti, kebutuhan yang semakin banyak membuat laptop kita sering bertemu, bahkan mungkin Anda sendiri yang memilikinya. Namun, apakah Anda pernah mengalami masalah saat menggunakan laptop Anda.

Ya, mungkin ada masalah yang menghambat pekerjaan Anda seperti laptop yang terlalu panas untuk membuat pameran Anda semakin membingungkan dan proses yang berjalan di laptop turun drastis karena suhu yang terlalu tinggi.

Masalah yang berhubungan dengan suhu laptop sering kita alami. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Cool Laptop Optimal.

Tentu saja, Anda bisa melakukan berbagai cara, dari yang sederhana hingga yang sering diabaikan. Memang pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara mendinginkan laptop yang intens.

Mungkin hanya beberapa tips yang akan kami sampaikan nanti di artikel ini, harus kita lihat.

Cara Mendinginkan Laptop

1. Matikan laptop

Jika suhu laptop Anda cukup tinggi hingga menyebabkan presentasinya menurun, maka yang ingin Anda lakukan adalah mematikan laptop beberapa saat.

Ketika ini selesai, semua bagian yang bergerak di dalam laptop akan berhenti bekerja, menyebabkan suhu menurun.

Anda juga dapat mengaktifkan mode tidur atau hibernasi untuk mengistirahatkan laptop Anda. Saat lelah kita juga butuh istirahat, baik dengan tidak bergerak maupun tidur.

Begitu juga dengan laptop, Anda tidak bisa menggunakan gadget ini untuk waktu yang lama. Usahakan untuk mengistirahatkan laptop beberapa saat sebelum dapat digunakan kembali.

See also  Berikut Contoh Trial Test BUMN

2. Gunakan Kipas Pendingin Laptop

Agar suhu laptop tetap terjaga saat kita menggunakannya, Anda bisa menggunakan kipas atau bantalan pendingin (cooling fan/bantalan) di bagian bawah laptop.

Alat ini berfungsi untuk menstabilkan suhu laptop agar tidak cepat panas. Jika Anda seorang gamer, maka bantalan pendingin adalah aksesori laptop yang wajib dimiliki.

Biasanya ada cooling cushion yang khusus dibuat untuk laptop gaming. Bantalan atau kipas pendingin laptop tersedia dalam banyak model dan merek.

Bantalan pendingin sebagian besar lebih mahal daripada kipas pendingin. Itu karena elemen ini lebih berfungsi sebagai bantalan pendingin daripada kipas pendingin.

Cooling cushion ini juga memiliki desain yang lebih konservatif, ergonomis dan keren. Butuh kipas pendingin atau bantal laptop dengan mudah?

3. Bersihkan Ventilasi Laptop

Setiap laptop harus memiliki lubang ventilasi di bagian dasarnya. Kemampuannya adalah agar udara panas yang dihasilkannya bisa dikeluarkan dengan mudah menggunakan bantuan kipas laptop.

Namun, dalam jangka panjang, lubang ventilasi bisa menjadi sarang debu dan benda kecil lainnya sehingga udara panas sulit dihilangkan.

Untuk menjaga udara tetap bagus, Anda benar-benar ingin membersihkan ventilasi laptop dari apa pun yang terhalang. Anda dapat menggunakan alat jenis sapu kecil untuk melakukan pembersihan.

Jika Anda tahu semua tentang pembongkaran laptop, cobalah membersihkan bagian dalam (terutama kipas).

4. Tempatkan Laptop pada Permukaan yang Keras dan Rata

Menempatkan laptop pada permukaan yang tidak rata dan halus (seperti bantal, kasur, dan karpet) dapat memperparah udara karena ventilasi tertutup.

Akibatnya suhu laptop akan cepat naik dan eksekusi akan menurun. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus meletakkan laptop di permukaan yang keras dan rata, seperti meja.

See also  Cara Main Saham Modal 1 Juta Yang Efektif

Tidak hanya keras dan rata, Anda harus memilih permukaan yang siap menyerap panas yang dihasilkan laptop.

Jika Anda perlu menangani kasur Anda sesekali, Anda dapat membeli meja laptop nyaman yang terbuat dari logam.

Dengan menggunakan perangkat ini, Anda tidak perlu lagi meletakkan laptop di atas bantal atau kasur yang justru dapat membahayakan laptop jika dilakukan berulang kali.

5. Coba Tambah RAM

Anda pasti tahu kan kemampuan RAM? Slam atau Random Access Memory adalah sebuah peralatan pada gadget figuring yang menaungi sistem kerja (OS), program aplikasi.

Terlebih lagi, informasi yang digunakan disimpan sehingga dapat langsung dijangkau oleh prosesor gadget.

Smash adalah memori utama di PC atau laptop. Objek ini dapat membaca dengan teliti dan menulis lebih cepat daripada jenis penyimpanan lainnya, seperti HDD dan SSD.

Ukuran RAM pada kebanyakan komputer ditentukan dalam GB. Semakin tinggi ukuran RAM yang digunakan, semakin tinggi pula eksekusi PC yang dihasilkan.

Lagi pula, semakin rendah jumlah RAM yang digunakan, maka Anda tidak mengantisipasi eksekusi laptop yang cepat.

Setiap laptop dilengkapi dengan ukuran RAM yang berbeda-beda, tergantung dari harga jual yang ditawarkannya. Ketika laptop mengkonsumsi RAM yang cukup untuk mencapai batasnya, suhu akan naik.

Jika Anda merasa berapa banyak RAM di laptop Anda terlalu kecil, Anda dapat menambahkan ukuran RAM tertentu yang didukung oleh laptop Anda.

Laptop dengan RAM yang cukup bisa bekerja lebih cepat sehingga suhu tidak cepat naik.

6. Sesuaikan Pengaturan Laptop

Proses pendinginan laptop juga harus dimungkinkan dengan menyesuaikan pengaturan. Misalnya, jika Anda seorang gamer atau editor video, pastikan laptop yang Anda gunakan sesuai dengan profesi Anda.

Pada saat yang sama, jika perangkat lunak yang Anda gunakan untuk bekerja masih berfungsi sebagaimana mestinya, lakukan apa pun yang diperlukan untuk tidak me-refresh jika tidak perlu.

See also  Kasus Terbaru Kejagung Tahan Surya Darmadi Tersangka Korupsi Terbesar di Indonesia

Hal ini bertujuan untuk mengurangi tanggung jawab terhadap laptop. Coba juga pengaturan lain seperti mengurangi kecerahan layar laptop, mematikan perangkat yang menarik daya dari laptop melalui tautan USB.

terlebih lagi, tutup aplikasi yang tidak aktif. Terakhir, pastikan daya laptop Anda, pengaturan papan diaktifkan dengan benar.

7. Tempatkan Laptop di Ruang Dingin

Jika suhu laptop Anda memanas dan ruang kerja Anda juga panas (baik karena udara sekitar atau sinar matahari langsung), segera letakkan laptop di ruangan dengan suhu lebih rendah.

Ruangan yang didinginkan dapat menurunkan suhu laptop yang naik lebih cepat. Usahakan untuk tidak menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung agar suhu tidak cepat panas.

Jika Anda hanya merasa canggung bekerja panas, maka laptop juga.

8. Gunakan Teknologi Pendingin Vakum

Relatif sedikit individu yang mengenal inovasi ini. Vacuum cooler adalah gadget yang fungsinya sama dengan cooling cushion tapi vacuum cooler itu sendiri lebih produktif karena dipasang tepat di dekat outlet panas kipas laptop.

Cara kerja penyedot debu menyerupai kipas yang menyedot panas. Jadi, pendinginan vakum lebih produktif karena langsung menarik panas ke dalam laptop yang membuat kipas laptop terus memberikan udara baru untuk mendinginkan laptop itu sendiri.

Penutup

Demikian penjelasan kami tentang Cara Mendinginkan Laptop Cepat Panas Dengan Aman, semoga dapat membantu anda semua.

Sangat berterima kasih kepada Anda untuk membaca artikel ini dan ingat untuk membaca artikel kami yang lain.